Thursday 24 April 2014

Cara Memindahkan Kontak Blackberry Ke Android

eberapa bulan terakhir ini kehadiran smartphone Android kian marak. Selain dari kinerjanya yang memang memukau sebagai sebuah perangkat smartphone, harga smartphone Android pun beragam sesuai kelasnya masing-masing, dan cenderung terjangkau bagi sejumlah lapisan masyarakat. Sejumlah pengguna smartphone lainnya seperti Blackberry atau iPhone banyak yang berpindah menggunakan perangkat ini.
Salah satu hal yang penting bagi para pengguna smartphone adalah daftar kontak atau daftar Phonebook. Rata-rata sebagian pengguna smartphone malas untuk mengetik ulang kembali daftar kontaknya pada saat harus berganti ke gadget yang baru.  Contohnya, ketika Anda hendak berganti gadget dari Blackberry ke smartphone Android, tentunya Anda tidak ingin kehilangan daftar kontak yang telah ada sebelumnya di Blackberry.
Lalu bagaimana Cara Memindahkan Kontak Blackberry Ke Android tanpa kita harus mengetik ulang? Untuk itu ada beberapa cara yang dapat digunakan supaya daftar kontak yang terdapat pada Blackberry Anda dapat dipindahkan ke smartphone yang berbasis Android. Berikut ini kami akan menuturkan beberapa cara tersebut.
ara yang pertama adalah transfer kontak melalui Bluetooth
1. Pertama-tama aktifkan terlebih dahulu Bluetooth pada perangkat Blackberry maupun Android. Lalu lakukan fitur Pair Bluetooth pada kedua perangkat tersebut.
2. Setelah tersambung, masuk ke menu Option, pilih Networks and Connections , lalu pilih Bluetooth Connections dan selanjutnya klik nama gadget Android yang sudah dipair, kemudian pilih Transfer Contacts. Atau pada BlackBerry OS 6 ke atas pada pilihan layar sudah ada ikon pilihan Manage Connections, yang dapat langsung menuju ke pilihan Bluetooth Connections.


3. Setelah itu smartphone Android Anda akan menerima data berbentuk file VCF (phonebook.vcf). Langkah selanjutnya buka atau klik File tersebut dengan aplikasi Contact. Dan setelah berhasil maka daftar kontak Phonebook di Blackberry akan otomatis tertransfer ke smartphone Android.


Perlu diperhatikan ada beberapa macam aplikasi Contact dan aplikasi tersebut bisa Anda download secara gratis melalui Google Play Store.
Cara yang kedua, transfer dengan langsung melalui aplikasi contact
Ada dua contoh aplikasi Contact yang dapat digunakan untuk langsung men-transfer data kontak yang ada di BlackBerry ke smartphone Android.
Yang pertama adalah Rainbow Contacts. Aplikasi ini adalah aplikasi Contact yang dapat membantu Anda mentransfer daftar kontak dari BlackBerry ke smartphone Android melalui fitur Bluetooth. Caranya Anda cukup meng-install aplikasi ini di smartphone Android Anda yang baru, dan aktifkan Bluetooth baik pada BlackBerry maupun di perangkat Android tersebut.

Anda dapat mendowload aplikasi Rainbow Contacts ini secara gratis melalui Google Play Store.
Yang kedua adalah aplikasi 2Can BlackBerry Transfer. Aplikasi ini mempunyai fungsi yang hampir serupa dengan Rainbow Contacts namun dengan sedikit perbedaan. Perbedaannya adalah jika Aplikasi Rainbow Contacts hanya memindahkan daftar kontak saja, aplikasi 2Can BlackBerry Transfer dapat mengkonversi kontak, SMS, memo notes, Tasks ke perangkat smartphone Android dari BlackBerry Anda.


Yang perlu Anda perhatikan untuk aplikasi 2Can BlackBerry Transfer ini, Anda dapat memperolehnya dari Google Play Store namun dengan sedikit merogoh kocek dari kantung Anda alias tidak gratis. Anda perlu membelinya dengan banderol sekitar Rp 59.007,-
Cara yang ketiga, transfer kontak melalui komputer PC/Notebook
Yang terlebih dahulu Anda harus lakukan adalah pastikan di komputer Anda sudah harus terinstall BlackBerry Desktop Manager. Lalu jika sudah terinstall, dengan menggunakan BlackBerry Desktop Manager Anda harus men-sync/mensinkronisasikan contact dengan Outlook. Kemudian selanjutnya Anda harus melakukan export contact dari Outlook ke format File CSV. Setelah itu lakukan transfer file CSV yang berisi daftar kontak tersebut ke smartphone Android.
Cara yang keempat, transfer kontak melalui Google Sync
Salah satu cara mudah untuk memindahkan daftar kontak, ataupun menyalin daftar kontak yang ada pada BlackBerry ke smartphone Android adalah dengan melalui Google Sync. Google Sync adalah salah satu aplikasi Google yang memungkinkan setiap orang untuk melakukan sinkronisasi daftar kontak, Google Apps email, dan kalender yang terdapat pada smartphone mereka. Jadi, pengguna smartphone dengan OS ataupun perangkat yang berbeda dapat menggunakan Google Sync untuk melakukan transfer kontak.
Berikut ini adalah cara melakukan transfer kontak dari BlackBerry ke smartphone Android melalui Google Sync :
1. Yang harus dilakukan pertama-tama adalah Anda harus menginstall terlebih dahulu aplikasi Google Sync pada perangkat BlackBerry Anda.
2. Setelah aplikasi Google Sync sudah dipastikan terinstall pada BlackBerry, Anda harus mengsinkronisasikan BlackBerry Anda tersebut melalui akun Gmail.
3. Pastikan bahwa akun Gmail ter verifikasi adalah akun yang  Anda pakai pada perangkat BlackBerry dan dapat memuat data dari BlackBerry.
4. Langkah selanjutnya aktifkan smartphone Android Anda dan lakukan sinkronisasi dengan akun Gmail yang Anda pakai di perangkat Blackberry tadi.
5. Setelah semua selesai maka daftar kontak yang ada di BlackBerry Anda sudah tersalin pada perangkat smartphone Android Anda yang baru.
Nah, cukup sekian ulasan kami mengenai bagaimana cara memindahkan daftar kontak dari BlackBerry ke smartphone Android. Semoga ulasan kami ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian, khususnya bagi mereka yang berniat untuk mengganti gadgetnya dari BlackBerry ke smartphone Android.

Related Posts

Cara Memindahkan Kontak Blackberry Ke Android
4/ 5
Oleh