Saturday 25 January 2014

Dianggap Melanggar Paten, BlackBerry Ingin Penjualan Perangkat Typo Dilarang


Niatan 'mulia' selebriti Ryan Seacrest yang ingin memudahkan pengguna iPhone untuk mengetik pesan secara cepat tampaknya mulai berujung pada gugatan yang tingkatannya makin tinggi. Ya, susunan keyboard QWERTY yang terdapat pada perangkat Typo dianggap terlalu mirip dengan apa yang terdapat di BlackBerry Q10.

Sudah bisa ditebak, BlackBerry langsung meradang begitu Typo sudah mulai diperjual-belikan di Amerika Serikat. Pihaknya lantas mengajukan pemblokiran untuk produk tersebut ke Pengadilan Distrik di Amerika Serikat untuk Distrik Utara California, Rabu (22/1/2014) waktu setempat.

Seperti dilansir CrackBerry, Kamis (23/1/2014), BlackBerry mengklaim bahwa Typo telah melanggar US Patent 685.775 untuk elemen desain dari sebuah perangkat elektronik genggam dan US Patent 7.629.964 untuk perangkat elektronik dengan keyboard yang dioptimalkan dengan ibu jari.

Sebelumnya, Ryan Seacrest mengatakan ide pembuatan Typo datang dari keinginannya untuk mengubah iPhone miliknya menjadi bergaya BlackBerry untuk pengalaman mengetik yang dikombinasikan dalam perangkat tambahan. Ulasan Seacrest tersebut akhirnya digunakan BlackBerry untuk memperkuat gugatannya tersebut.

Sementara itu, penjualan Typo dikatakan sudah sold-out dan mendapatkan respon positif serta banjir permintaan dari para pengguna iPhone. Dengan harga jual US$ 99, aksesoris ini bisa digunakan untuk iPhone 5 dan iPhone 5S.

Related Posts

Dianggap Melanggar Paten, BlackBerry Ingin Penjualan Perangkat Typo Dilarang
4/ 5
Oleh