Saturday 30 November 2013

Siap Menyaingi Android, Smartphone Jolla Mulai Kebanjiran Pesanan dari Berbagai Negara


Meskipun terhitung belum seberapa, pencapaian awal yang diterima Jolla Oy tergolong manis. Pasalnya, smartphone Jolla yang baru dirilisnya sudah mulai dipesan di beberapa negara.

Seperti dilansir Bloomberg, Kamis (28/11/2013), pihak Jolla Oy mengklaim telah menerima pesanan dari 136 negara. Bahkan mereka berencana akan menjual smartphone Jolla yang dibanderol dengan harga 399 Euro di seluruh wilayah Eropa dan China mulai 2014. Setelah pada hari pertama peluncurannya, sebanyak 450 unit Jolla diklaim telah dikirim kepada para pemesannya di Helsinki, Finlandia.

Seperti diketahui, Jolla Oy merupakan produsen smartphone asal Finlandia, yang baru saja merilis smartphone pertamanya yang bernama Jolla yang didirikan oleh mantan pegawai Nokia yang telah mengembangkan OS Meego. Mereka akhirnya berhasil mendirikan perusahaan sendiri setelah mendapatkan investasi sebesar 1 juta Uero dari Fortune Express yang merupakan unit usaha dari Fortune Holding Ltd di China. Pihak Jolla Oy mengungkapkan lebih lanjut bahwa mereka tidak ingin bersaing di pasar hardware, namun mereka akan bermain di software dengan OS Sailfish mereka.

“Ini merupakan sebuah produk di mana perusahaan kami bisa mengenalkan pandangan idealis kami mengenai bagaimana seharusnya sebuah ponsel. Dari sisi bisnis, kami telah mati. Nerkat dukungan produk dan partner, kami yakin bisa menjual jutaan ponsel,” ujar Antti Saarnio, pimpinan dan salah satu pendiri Jolla Oy.

Banyak pihak memprediksi Jolla yang menjalankan OS Sailfish ini tidak lama lagi akan menjadi pesaing kuat bagi Android. Hal ini tak lepas dari kompabilitas Jolla menggunakan OS Sailfish yang dikembangkan dari OS MeeGo besutan Nokia yang bisa menjalankan semua aplikasi Android akan menjadi nilai tambah yang layak diperhitungkan bagi vendor smartphone lainnya.

Sementara itu untuk lebih mengembangkan bisnisnya, Jolla berencana akan bermitra dengan mitra potensial sebagai e-commerce seperti Alibaba Group Holding Ltd, Tencent Holdings Ltd, dan Baidu Inc, di mana perusahaan tersebut akan menyediakan sistem operasi untuk membangun layanan e-commerce versi mobile Jolla.

Related Posts

Siap Menyaingi Android, Smartphone Jolla Mulai Kebanjiran Pesanan dari Berbagai Negara
4/ 5
Oleh