Monday 27 May 2013

Merapikan File di iPad Lebih Rapi Menggunakan Aplikasi File Manager Files App


Untuk kebanyakan orang yang memiliki iPad, perangkat yang satu ini merupakan bagian dari kehidupan sehari-hari mereka. Sebagai pengganti komputer yang lebih praktis, device ini dapat Anda gunakan untuk browsing internet, memeriksa email, hingga melihat video, semua tugas-tugas tersebut akan dikerjakan oleh iPad dengan cara yang menakjubkan. Namun, satu fitur yang mungkin akan  mengganggu dalam penggunaan perangkat iOS ini adalah, tidak adanya sistem manage file yang mumpuni. Walaupun Apple menawarkan  solusi berupa iCloud, namun ini belum mencukupi harapan para penggunanya agar dapat mengatur file lebih rapi. Oleh karena itu dibutuhkan suatu aplikasi file manager untuk mengatasi gangguan tersebut.
 Dalam waktu sekarang ini dimana kebutuhan akan data semakin meningkat, adalah hal yang menyenangkan apabila kita dapat mengakses file langsung pada tempat yang telah ditentukan, dan tidak perlu repot-repot untuk mencarinya. Dari developer Sonico Mobile, konsep tersebut telah dikembangkan dan muncullah aplikasi file manager yang bernama Files App.
Ketika Anda membuka Files App, maka Anda akan langsung merasakan sensasi penggunaan perangkat iOS yang biasa Anda gunakan, dengan background yang mungkin akan familiar bagi Anda. Anda akan diberi pemberitahuan agar tap pada icon + di sebelah kiri atas dan kemudian tap pada tombol Add some sample files, dimana akan membuka bervariasi konten yang akan membantu Anda untuk mengetahui cara kerja dari Files App.

Files App menawarkan multi metode dalam memasukkan konten, semuanya dapat Anda mulai dengan tap pada icon +. Anda dapat memasukkan foto dan video dari aplikasi Photos, log in melalui akun Dropbox, Google Drive dan Box, atau memsukkan URL untuk file yang ingin Anda download. Anda juga dapat mengirim attachments pada email ke Files App, atau memasukkan file dari Safari dengan menggunakan tombol Share dan kemudian tap pada icon Files App. Apabila Anda ingin untuk mentransfer file dari komputer, Anda dapat memilih opsi Mac atau PC di bawah menu Add File. Files App akan menyediakan  Anda IP address, dimana ini akan dibutuhkan untuk dimasukkan pada browser komputer. Setelah proses selesai, maka Anda dapat dengan sederhana men-drag file dari komputer Anda ke browser, untuk kemudian dapat Anda lihat pada iPad. Tentu, metode ini akan berjalan dengan lancar apabila menggunakan koneksi internet atau jaringan Wi-fi. Ada juga metode lain yaitu melalui iTunes, dimana ini merupakan opsi yang cerdas apabila Anda ingin memasukkan file video berukuran besar.
Files App dapat bekerjasama dengan layanan komputasi awan seperti Dropbox, Google Drive, dan Box dengan baik. Ini merupakan kerjasama yang akan membawa Anda untuk mengunduh konten dari layanan-layanan tersebut untuk kemudian disimpan pada iPad Anda. Selain itu, apabila Anda ingin meng-import foto atau video dari aplikasi Photos, maka Anda akan dibuatkan file duplikat.
Jika Anda masuk lebih dalam pada aplikasi file manager ini, maka Anda akan lebih merasakan tema dan backgroud iOS. Sistem didalamnya memang dirancang sedemikian rupa agar Anda merasakan sensasi yang sama seperti Anda menggunakan aplikasi default iOS. Juga sama dengan iOS, Anda dapat membuat folder dengan tap dan tahan pada file yang Anda pilih, dan kemudian drag file tersebut ke file lain yang ingin Anda masukkan dalam satu folder. Selain itu, Anda juga dapat membuat folder dengan tap pada icon + dan kemudian pilih opsi New Folder. Setelah itu, Anda cukup memberikan nama pada folder. Dan yang menarik adalah, apabila Anda memasukkan file musik atau video, maka Files App telah menyediakan player-nya sendiri untuk Anda.
Files App telah memberikan konsep yang menarik bagi para penggunanya. Aplikasi file manager ini bagus dalam me-manage file yang ada pada iPad Anda. Selain itu, ide-ide yang diberikan oleh Files App akan memberikan Anda jalan untuk memasukkan file melalui iTunes, browser, serta akan terhubung langsung dengan layanan komputasi awan seperti Dropbox dan Google Diove, agar Anda dapat lebih mudah memindah dan mengorganisasi fle dengan rapi. Anda dapat mengunduh aplikasi berukuran 30 MB ini dengan biaya $ 2,99 di sini.

Related Posts

Merapikan File di iPad Lebih Rapi Menggunakan Aplikasi File Manager Files App
4/ 5
Oleh