Monday 27 May 2013

Tips Trik Blackberry 10 Pemula: Tips Menyunting Teks dengan Mudah dan Cepat


Setelah sekian lama dimanjakan dengan trackpad pada model smartphone Blackberry jaman dulu, sekarang Blackberry membuat keputusan mengejutkan dengan menghilangkan fitur trackpad dari smartphone dengan diluncurkannya sistem operasi terbaru mereka yaitu Blackberry 10. Sistem operasi ini tidak lagi menggunakan trackpad, tapi sepenuhnya menggunakan fitur layar sentuh yang dihadirkan. Sebenarnya hal ini sudah biasa bagi smartphone Android maupun Apple, tapi terdapat tips trik Blackberry yang baru bagi para pemilik Blackberry.
Bagi sebagian besar orang yang terbiasa menggunakan trackpad untuk navigasi maupun penyuntingan teks akan merasa kesulitan karena trackpad memberikan kemudahan daripada menggunakan layar sentuh, tapi jangan khawatir. Dalam artikel tips trik Blackberry ini akan dibahas bagaimana caranya menguasai penyuntingan teks termasuk menyalin dan mencetak kata-kata ataupun kalimat yang biasa mudah dilakukan dengan fitur trackpad. Jika Anda pernah menggunakan smartphone selain Blackberry, seperti Android, Windows Phone, maupun iOs, Anda tidak akan mengalami kesusahan dalam menyunting teks seperti yang ada dalam tips trik Blackberry ini.

Memilih Kata
Langkah pertama dalam tips trik Blackberry ini adalah memilih kata. Untuk memilih kata yang ada dalam suatu kalimat maupun paragraf, Anda hanya perlu menekan kata tersebut cukup lama sampai kata tersebut tersorot hingga menutupi seluruh huruf dalam kata. Setelah itu, Anda dapat melakukan pengeditan seperti melakukan penyalinan atau menghapus kata yang sudah tersorot dari paragraf maupun dari kalimat.
Memilih Lebih Dari 1 Kata
Sama seperti yang dilakukan pada langkah pertama dalam artikel tips trik Blackberry, tapi sekarang setelah memilih satu kata dengan menekan kata tersebut, tanpa melepaskan tangan dari layar dan kata, sekarang Anda bisa memilih kata yang berada di antara kata yang tersorot, baik yang berada di sebelum maupun yang berada di setelah kata dengan menarik jari Anda ke arah kata yang diinginkan tanpa dilepas. Sekarang Anda sudah berhasil memilih lebih dari 1 kata yang dapat Anda sunting.
Memilih Kalimat
Untuk memilih kalimat, sama seperti langkah tips trik Blackberry di atas dengan cara memilih kata yang paling pertama dalam kalimat maupun yang paling akhir yang kemudian setelah tersorot, dapat ditarik ke arah kata-kata yang belum tersorot hingga semua kata dalam kalimat tersorot. Setelah semua tersorot, Anda dapat melakukan penyalinan kalimat yang tersorot.
Penyuntingan Teks
Setelah mengetahui tips trik Blackberry dalam pemilihan kata sampai dengan kalimat, sekarang adalah tips trik Blackberry untuk penyuntingan teks di mana teks yang sudah disorot atau di-highlight dapat diedit seperti yang biasanya dilakukan pada Microsoft Word. Dengan cara menekan sekali lagi kata ataupun kalimat yang sudah tersorot, akan muncul menu penyuntingan teks. Dalam menu ini terdapat banyak opsi atau pilihan pengeditan teks mulai dari penebalan teks, pemberian garis bawah, pembuatan teks miring, cut, copy, sampai format teks.
Dengan adanya menu penyuntingan teks ini, mengetik maupun mengedit teks dalam BBM akan semakin mudah. Untuk melakukan copy atau penyalinan teks yang sudah disorot tadi, tinggal memilih opsi copy yang dilambangkan dengan lambang dua buah kertas. Setelah dipilih, Anda tinggal mem-paste teks atau kalimat tadi di tempat yang Anda inginkan dengan cara menekan area di mana teks atau kalimat akan dicetak, kemudian akan muncul menu penyuntingan teks seperti yang tadi lalu tinggal pilih opsi paste. Teks atau kalimat yang Anda salin sudah di-paste pada area yang diinginkan. Tips trik Blackberry untuk meng-cut teks atau kalimat juga sama seperti untuk menyalin dan mem-paste teks tadi.
Memang membutuhkan waktu untuk bisa menguasai metode penyuntingan teks pada Blackberry 10 jika Anda terbiasa dengan trackpad. Tinggal belajar sesuai dengan artikel tips trik Blackberry ini beberapa kali, Anda akan semakin mahir bahkan akan jauh merasa nyaman menggunakan fitur ini dibanding dengan menggunakan trackpad yang membutuhkan waktu lebih lama serta kurang efisien. Semoga Anda dapat terbantu dengan artikel tips trik Blackberry tentang penyuntingan teks pada Blackberry 10 ini.

Related Posts

Tips Trik Blackberry 10 Pemula: Tips Menyunting Teks dengan Mudah dan Cepat
4/ 5
Oleh