Monday 27 May 2013

Kehabisan Ruang di Kartu SD Anda? Cobalah Aplikasi Memori Android, Clean Master


Bahkan dengan kartu SD berkapasitas 16GB, terkadang anda tetap saja kekurangan ruang untuk ponsel Android anda. Ini biasanya terjadi karena kebiasaan anda mengunduh file, atau membuat cadangan file, yang menghabiskan banyak ruang di ponsel anda.
Saat ini telah banyak metode atau cara yang bisa anda lakukan untuk membebaskan ruang penyimpanan di perangkat Android anda. Namun jika salah satu dari metode tersebut tidak ada yang menarik bagi anda, mungkin anda harus mencoba aplikasi memori Android, Clean Master. Aplikasi ini mendapatkan 4,7 bintang di Google Play, oleh sebab itu rasanya anda layak untuk memilikinya dan mengetahui apa yang bisa dilakukan aplikasi ini untuk membersihkan ruang penyimpanan perangkat Android anda.
Kesan Pertama
Tampilan aplikasi Clean Master sangat bersih dan rapi. Interface aplikasi memori Android gratis ini bagus dan lapang, dengan visualisasi untuk ruang penyimpanan anda yang ada dibagian atas, serta terdapat empat tombol di bagian bawahnya, yang terdiri dari History, Privacy, Tasks, dan App Manager. Namun sayangnya, jika anda men-tap lingkaran yang ada di bagian atas, maka tidak akan terjadi apa-apa, seperti yang bisa anda lakukan di DiskUsage, yang akan menampilkan apa saja yang ada di ruang penyimpanan anda.

Menganalisis Cache dan File
Untuk melakukan hal ini, anda harus men-tap tombol History. Menu ini berisi rincian dari cache dan file.
Di tab Cache, anda akan melihat daftar semua aplikasi yang memiliki file tersimpan di cache. Jika anda men-tap tombol Clean, maka semua yang ada di daftar tersebut akan dibersihkan dari cache, namun ini tidak begitu berguna, karena aplikasi tersebut hanya akan mengisi kartu SD anda sekali lagi.
Men-tap tombol Clean tidak seketika menghapus semuanya. Anda akan mendapatkan peringatan yang jelas, apakah anda benar-benar ingin menghapus cache, bahkan kemudian, Clean Master akan menjaga beberapa file cache yang anda inginkan. Clean Master melakukan hal tersebut dengan caranya sendiri, yang sangat brilian. Contohnya untuk Google Maps yang mendukung manual caching, jadi cache adalah sesuatu yang benar-benar anda butuhkan.
Membersihkan File
Di sebelah tab Cache, anda bisa melihat tab Residual Files. Di sini, anda akan menemukan alasan mengapa anda harus menginstal Clean Master. Pemindai file built-in di aplikasi ini, akan mencari file yang menggunakan banyak ruang, namun dapat dihapus dengan aman. Ini dimulai dengan sebuah peringatan, apakah anda benar-benar ingin menghapus file tersebut dan memeriksanya sebelum menghapus.
Dari peringatan yang terkesan berulang-ulang ini, anda bisa mengetahui seolah-olah pengembang aplikasi ini benar-benar tidak menginginkan anda menghapus sebuah file penting secara tidak sengaja. Karena itu, mungkin anda akan merasa jengkel ketika Clean Master bertanya pada anda, untuk setiap file yang akan anda hapus.
Clean Master tidak menawarkan cara untuk membuka file yang ditanyakan, saat anda ingin menghapus file tersebut. Sehingga anda harus mengingat isi dari setiap file. Tentu saja anda tidak akan mengingat apa isi dari masing-masing file tersebut. Anda harus beralih ke file manager dan membuka file dari sana, jika anda ingin memastikan apa isi file tersebut sebelum menghapusnya.
Pengaturan Privasi
Beralih ke fungsi utama lainnya, yang jauh lebih berguna daripada membersihkan ruang penyimpanan, yaitu tombol Privacy. Di sini anda bisa melihat daftar aplikasi, namun tanpa perizinan. Tap pada salah satu aplikasi, dan anda akan dibawa ke layar App Info Android untuk aplikasi tersebut.
Menghapus Task untuk Meningkatkan Kinerja
Pada menu Tasks, anda bisa melihat daftar segala sesuatu yang sedang berjalan di latar belakang. Secara default, semua entri diperiksa, dan ketika anda men-tap tombol Clean, maka semuanya akan dihentikan. Hal ini tidak selalu ideal, sehingga anda mungkin harus melakukannya satu per satu dan memilih yang benar-benar ingin anda hentikan. Ini adalah sesuatu yang mungkin ingin anda lakukan secara teratur, sehingga Clean Master memungkinkan anda membuat shortcut untuk fitur ini di homescreen anda.
Ini sebenarnya adalah widget yang terlihat seperti ikon sederhana, namun ketika anda men-tap-nya, maka fitur ini akan segera menampilkan berapa banyak task yang dihentikan. Bagus, cepat dan berguna, jika anda berhati-hati untuk menghentikan apa yang benar-benar tidak perlu.
Fitur terakhir dari Clean Master adalah App Manager, yang kegunaan utamanya adalah untuk menguninstal aplikasi. Jangan biarkan tab Backup menyesatkan anda, ini hanya berisi daftar APK yang telah anda simpan pada perangkat anda.
Satu hal lagi, aplikasi Clean Master tidak memiliki Settings dan Preference. Ini adalah nilai plus, karena aplikasi Clean Master benar-benar membuat semuanya tetap rapi dan sederhana, tanpa pengaturan yang berbelit-belit.
Kesimpulan
Clean Master adalah aplikasi Android gratis dengan dua fitur yang sangat berguna, yaitu History dan Tasks, serta dua fitur pendukung yaitu Privacy dan App Manager. Kelebihan dari aplikasi Android gratis ini adalah bagaimana aplikasi ini sangat bertanggungjawab saat akan menghapus data anda. Pengembang tampaknya memahami bahwa menghapus file penting secara tidak sengaja adalah pengalaman yang menjengkelkan. Peringkat dari aplikasi ini menunjukkan bahwa pengguna Android menyukai kesederhanaan dari aplikasi ini, dan aplikasi ini bisa anda miliki secara gratis dari Google Play.

Related Posts

Kehabisan Ruang di Kartu SD Anda? Cobalah Aplikasi Memori Android, Clean Master
4/ 5
Oleh