Monday 27 May 2013

Mengenal Teknologi Prosessor Intel Hyper Threading


Setelah kejayaan era core yang didukung dengan kehebatan prosesor dengan jumlah core lebih dari satu core. Salah satunya kemampuan pengolahan  prosesor pada prosesor dual core, kemampuan mereka dalam mengolah data yang masuk mampu menjawab kekurangan dari prosesor berjenis satu core. Setelah era pentium yang dibawa oleh Intel, muncul lagi dengan era prosesor dengan jenis core. Bersamaan dengan era core, di prosesor jenis baru ini muncul era APU (Accelerator Processor Unit) yang digawangi oleh AMD. APU adalah jenis prosesor yang menyatukan antara CPU dan GPU yang berkemampuan grafis.  Intel tidak lupa mengenalnya dengan nama Intel HD Graphics.
Tetapi prosesor jenis sekarang selain memiliki kemampuan APU atau Intel HD Graphics, ada juga kemampuan lainnya. Di prosesor Intel terbaru dengan jenis Sandy Bridge dan Ivy Bridge, Intel memasukkan kemampuan Hyper Threading.
Dengan teknologi Hyper Threading ini Intel menjanjikan sebuah prosesor yang lebih efisien dalam menggunakan sumber daya. Lalu apa Thread itu? Thread adalah sekumpulan instruksi untuk mengolah sekumpulan data. Lalu apa Hyper Threading?
Hyper Threading adalah teknologi yang dikembangkan oleh Intel didalam prosesor keluaran mereka agar dapat meningkatkan kinerja prosessor sendiri, dengan cara memberikan instruksi melalui software untuk melakukan splitting atau membelah diri menjadi beberapa aliran (thread). Teknologi Hyper Thread ini menyediakan beberapa level thread (thread –level) secara paralel di setiap prosesor. Teknik ini menjadikan penggunaan sumber daya pada prosesor menjadi lebih efisien, memungkinkan beberapa thread berjalan pada setiap inti core.

Technology Hyper Threading ini diaktifkan melalui kombinasi antara :
  • Processor Intel dan Chipset yang mendukung Teknologi Hyper Threading.
  • Sistem Operasi untuk optimalisasi Teknologi Hyper Threading.
  • BIOS (Basic Input Output System) yang support Teknologi Hyper Threading.
Dengan mengaktifkan Hyper Threading pada processor, kita bisa mendapatkan beberapa kemampuan :
  • Mempertahankan respon sistem saat kita menjalankan aplikasi yang berat.
  • Sistem menjadi lebih aman dan terlindungi, dan dapat dijalankan secara efisien dan dapat di kelola tanpa memberatkan pada sisi produktifitas.
  • Menjaga keseimbangan sistem pada saat penggunaan berat, contohnya mengaktifkan aplikasi multimedia atau grafis berat seperti rendering film, encoding file grafis, dan lainnya. Tetapi saat bersamaan menjalankan program antivirus di belakang layar.
Selain manfaat tadi,
  • Peningkatan Produktivitas karena dapat melakukan kegiatan lebih banyak secara bersamaan
  • Dengan kemampuan Hyper Threading, memberikan waktu pelayanan yang lebih cepat pada saat menggunakan Internet dan aplikasi e-commerce
  • Peningkatan jumlah transaksi yang dapt diproses secara bersamaan
  • Pemanfaatan aplikasi 32-bit yang masih ada, dalam masa transisi kedalam penggunaan aplikasi berformat 64-bit.
Setidaknya dengan teknologi Hyper Threading ini, kita bisa melakukan multitasking tanpa risau dengan kondisi prosesor yang bisa mengalami hang atau bottleneck. Dengan ini kegiatan kita bisa menjadi lebih efisien dibandingkan dengan sebelumnya.
Teknologi Hyper Threading bisa digabungkan dengan Teknologi Intel Turbo Boost atau Turbo Boost 2.0. Hasil dari penggabungan ini, memungkinkan prosesor untuk mengolah data secara simultan pada beberapa thread, menyesuaikan beban kerja dan secara otomatis akan menonaktifkan core yang sedang tidak digunakan. Dengan teknologi Hyper Threading ini, prosesor akan menyesuaikan tingkat frekuensi pada core yang sibuk untuk menambah kinerja lebih besar.  
Hyper Threading ini tersedia didalam keluarga procesor Intel jenis Intel Core dan Core 2nd atau Sandy Bridge. Untuk Core generasi ketiga atau Ivy Bridge pun, Hyper Threading akan dimasukkan.  Fungsi dari Hyper Threading ini bisa lebih dimaksimalkan dengan penggunaan aplikasi yang secara khusus dibangun untuk mengontrol Thread yang ada didalam prosesor. Salah satunya dengan menggunakan Framework Intel Thread Blocks atau Intel Cilk.

Related Posts

Mengenal Teknologi Prosessor Intel Hyper Threading
4/ 5
Oleh