Monday 27 May 2013

Baterai Android Boros?Bisa Jadi Karena Layanan Aplikasi Google Gratis Yang Digunakan


Sebagai pengguna perangkat Android, tentu ponsel Anda akan dilengkapi dengan berbagai layanan Google. Bagaimana tidak? Google adalah perusahaan yang menelurkan Android, dan tentu Anda akan disuguhi sajian layanan spesial dari Google. Aplikasi bawaan dari Google tersebut disediakan secara gratis. Dan bagi para penggunanya, tidak lengkap rasanya apabila kita memiliki ponsel berbau Google namun tidak dipersenjatai dengan layanan Google. Oleh karena itu, dapat dipastikan jika layanan Google tidak akan jauh-jauh dari perangkat Android Anda. Melalui aplikasi Google gratis, Anda akan mendapatkan layanan khusus langsung dari Google.
Namun di sisi lain, ternyata aplikasi Google gratis terebut dapat menyebabkan penggunaan baterai Android Anda boros. Selain itu, melalui layanan Google, Anda bisa saja tidak benar-benar mendapatkan privacy. Mengapa hal ini bisa terjadi? Berikut ulasan aplikasinya disertai cara-cara mengatasinya.


1. Google Now
Seperti yang telah Anda ketahui, Google Now merupakan layanan yang memberikan informasi yang Anda butuhkan dan tidak Anda ketahui sebelumnya. Kemampuan aplikasi ini dalam memberikan informasi didapatkan dari koleksi data Google yang dikumpulkannya  langsung dari pengguna. Mungkin Anda akan merasa terganggu dengan pengumpulan data dari Google yang berasal dari data Anda sendiri.
Namun bukan itu saja yang perlu Anda khawatirkan, karena Google Now juga dapat menyedot penggunaan baterai Anda. Apabila Anda tidak menginginkannya, matikan Google Now dengan mengaktifkan layanan dan kemudian tekan tombol menu. Setelah itu, pegi ke Settings dan kemudian menuju pada Google Now. Sebagai catatan, kurangi penggunaan data internet yang disertai dengan aktifnya Google Now, karena apliaksi ini dapat berjalan dengan sendirinya tanpa kita ketahui.
2. Google Currents          
Bagi yang belum mengetahui, Google Currents merupakan aplikasi Google gratis untuk pengguna Android 4.1 ke atas yang menyediakan layanan majalah online. Selain dilihat dari manfaatnya, aplikasi ini di lain pihak memberikan efek negatif dengan menggerogoti penggunaan batera ponsel. Pasalnya, mereka sering berjalan sendiri untuk mencari konten-konten baru, dan ini juga akan mengambil data internet Anda secara sembunyi-sembunyi.
Bagi Anda yang menggunakan Google Currents, Anda dapat mengatasi problem tersebut dengan mengunjungi aplikasi ini. Kemudian, tap pada icon Settings dan uncheck area Enable Background Sync. Problem akan terselesaikan setelah Anda me-restart device.
3. Google+
Aplikasi Google gratis ini dapat mengaktifkan microphone dan kamera depan Anda. Tentu, hal ini akan berhubungan langsung dengan masalah privacy. Selain itu, Google+ juga dapat berjalan dengan sendirinya. Oleh karena itu, jika Anda sedang tidak membutuhkannya, non-aktifkan Google+ dengan pergi ke Settings dan lalu Logout.
4. Instant Upload
Masalah Google+ tidak sampai situ saja. Aplikasi ini juga dapat memboroskan pemakaian baterai melalui fitur upload gambar pada akun Anda. Apalagi, jika Anda berada pada jaringan 3G ke atas. Untuk mematikannya, pergi ke Menu, kemudian Settings, dan pilih Instant Upload lalu matikan.
5. Google Maps
Google Maps umumnya akan menggunakan GPS. Bisa dibayangkan, jika penggunaannya akan mengurangi daya baterai secara drastis. Untuk mengatasi hal tersebut, non-aktifkan Maps dengan memilih Settings, diikuti dengan Location Service kemudian uncheck GPS.
6. Google Talk
Satu hal yang tidak menarik dari Google Talk adalah, aplikasi Google ini sering berjalan dengan sendirinya. Apabila Anda adalah pengguna perangkat Android, maka Google Talk akan mendaftarkan Anda secara otomatis. Ini akan berhubungan langsung dengan masalah privacy dan daya baterai yang terbuang sia-sia. Untuk keluar dari layanan ini, bukalah aplikasi, tap pada akun dan pilih sign out.
7. Disable sync
Apabila Anda menginginkan ketenangan yang benar-benar akan membuat Anda tenang dan tidak mau memikirkan semua layanan aplikasi Google gratis tersebut, maka Google menyediakan jalan pintas dengan menon-ktifkan layanan langsung dari pusatnya. Caranya, pergilah ke menu Settings, diikuti dengan memilih Accounts dan tap pada Google.
Di sini, jika Anda memiliki lebih dari satu akun yang terdaftar, maka semuanya akan diperlihatkan kepada Anda. Setelah itu, tap pada akun yang ingin Anda non-aktifkan. Tindakan ini akan menyebabkan ponsel Anda tidak tersinkron lagi dengan akun Google yang Anda non-aktifkan tersebut, dan masalah Anda akan terselesaikan dengan cepat.

Related Posts

Baterai Android Boros?Bisa Jadi Karena Layanan Aplikasi Google Gratis Yang Digunakan
4/ 5
Oleh