Monday 27 May 2013

8 Fitur Windows 8 yang Hilang dan Cara Mengembalikannya



Microsoft mencabut beberapa fitur yang sudah amat kita kenal dari Windows 9X pada fitur Windows 8. Fitur-fitur yang cukup sering kita gunakan misalnya Start Menu dan DVDplayback atau yang jarang kita gunakan namun berguna Windows Media Centre. Ada juga fitur Briefcase Windows yang memang kebanyakan orang tidak menggunakan itu. Fitur-fitur ini memang bisa dihilangkan karena walaupun tidak ada kebanyakan pengguna tidak terlalu merasa itu penting. Tetapi, bagi orang yang sudah terlanjur sering menggunakan fitur-fitur ini, kehilangannya akan cukup mengganggu.
Untungnya Windows 8 bukanlah OS yang dikunci (pakem) seperti pada smartphone, Anda masih bisa mengotak-atik sedikit OS ini. Banyakfitur Windows 8 yang hilang tetapi Anda masih bisa mengembalikannya lagi. Fitur-fitur yang penting bisa dikembalikan dengan alternatif yang berkualitas seperti tema Aero Windows 7 dan tema Windows Classic. Anda bisa menambahkannya lagi dengan memasukkan kode di Windows 8.

Start Menu, Search dan Bootdesktop yang Sudah Akrab dengan Kita
Pada Windows 8 tombol Start Menu dan tradisional Start Menu dihilangkan digantikan dengan Start Menu model ubin yang memenuhi layar komputer Anda. Memang fungsinya sama, tapi Anda perlu membiasakan diri lagi karena dari beberapa tahun lalu sejak Windows 9X hingga 7 menggunakan tombol Start Menu. Hal lain yaitu Anda tidak bisa boot langsung ke desktop pada Window 8, tidak bisa menggunakan fitur yang sudah sangat akrab Search untuk mencari program,setting, file seperti yang sering Anda lakukan di Windows 7. Semua fitur itu bisa dikembalikan pada Windows 8 dengan memasang software tambahan untuk Start Menu seperti Start8, Start menu 8 gratis, ClassicShell untuk yang suka klasik.
Pada Windows 8 akan ada delay ketika Anda setiap kali Anda log-in ke Windows 8, Microsoft sengaja menambahkan delay ini agar Anda melihat Start Screen yang mereka rancang setiap kalilog-in ke Windows 8, jadinya Anda tidak bisa langsung boot ke desktop.
DVD Playback
Di luar kebiasaan Windows, kali ini pada Windows 8 mereka tidak menambahkan fitur pemutar DVD. Bila Anda ingin memiliki pemutar DVDnya Anda harus membayar Windows 8 Pro Pack kemudian Media Centre Pack yang totalnya US$100 (harga Windows 8 Pro US$99.99). Untungnya Anda tidak perlu melakukan itu bila ingin menonton DVD, cukup install VLC Media Player yang gratis agar bisa memutar DVD.
Catatan: Bila Anda membelikomputer atau laptop baru biasanya mereka menyertakan software pemutar DVD yang sudah berlisensi. Ini bisa Anda gunakan tanpa harus mendownload atau membayar Media Centre Pack US$0,001 ketika membeli Windows 8.
Windows Media Centre
Windows Media Centre bukan lagi bagian dari Windows 8, jika Anda suka dan ingin Windows Media Centre Ada pada Windows 8 Anda harus Membeli Windows 8 Professional dan membayar Windows Media Centre Pack dengan total harga keduanya US$100. Untuk mengatasinya Anda bisa menggunakan software lain seperti XBMC dan lain-lain.
Solitaire, Minesweeper dan Game Lainnya
Mungkin ini terdengar klasik tetapi tidak bisa di sangkal, bagaimana Solitaire menjadi game yang sering dimainkan sembari menunggu copy file atau proses lainnya. Pada Windows 8 game ini tidak ada lagi, untuk mendapatkan game ini kembali Anda bisa mendownloadnya di Windows Store tetapi dalam versi yang modern. Atau jika Anda memang ingin memainkan versi desktop di Windows Store juga ada.
Windows Desktop Gadget
Desktop gadget juga fitur Windows 8 yang dicabut, Microsoft mengklaim kalau desktop gadget merupakan program yang tidak aman. Dia sangat mudah mengotak-atik sistem Anda. Memang benar karena memang seperti itu kerja gadget desktop tetapi, apakah kita langsung menyerah bila kita suka dengan gadget tersebut? Agar menggunakannya secara aman, download gadget-gadget ini di website-website yang terpercaya, jangan install bloatware apapun dan pastikan itu dari developer yang terpercaya seperti dari komunitas Windows atau komunitas favorit Anda lainnya.
Parental Kontrol
Fitur Parental Control yang pada Windows sebelum-sebelumnya ada pada Windows 8 di hilangkan. Sekarang diganti dengan Microsoft Family Safety yang terintegrasi dengan akun Microsoft And, memberikan konsol andminitrasi berbasis web, mengirim Anda email tentang penggunaan internet anak Anda bila diinginkan atau menambah fitur lainnya.
Windows Aero Glass
Transparan, seperti kaca yang bening yang ada pada Windows 7 hilang pada Windows 8, tetapi Anda bisa mendapatkan itu kembali dengan software tambahan Aero8Tuner. Hanya saja ini kurang bekerja dengan baik, tidak semulus pada Windows 7. Sepertinya Windows 8 keluar jalur menghilangkan tema ini karena banyak orang yang menyukainya.
Windows Classic Tema
Yang satu ini mungkin perlu tidak perlu, Anda terkakadang rindu dengan tema klasik Windows, atau ketika komputer terasa berat dengan tema-tema baru Anda sering menggunakan tema klasik ini. Walau sudah dihapus kita masih bisa menggunakannya. Anda tinggal mencari tema-tema Windows 8, masih ada tema klasik yang disediakan.

Related Posts

8 Fitur Windows 8 yang Hilang dan Cara Mengembalikannya
4/ 5
Oleh