Friday 6 December 2013

Penjualan BlackBerry Menurun Hingga Hampir Nol Persen

Penjualan BlackBerry Menurun Hingga Hampir Nol Persen

BlackBerry kembali dihadapkan oleh fakta yang cukup pahit. Menurut hasil riset dari Kantar Worldpanel ComTech, penjualan BlackBerry di Amerika Serikat, Cina, Spanyol, dan Jepang mengalami penurunan drastis. Disebutkan, pangsa pasar dari ponsel buatan Kanada ini hanya memiliki pangsa penjualan tak lebih dari 1 persen.

Menurut kabar yang CDInfo kutip dari TheGuardian, Senin (02/12/13), BlackBerry disebutkan hanya memiliki 0,8 persen pangsa penjualan di Amerika Serikat. Lebih buruk lagi, di negara lain seperti Cina, Spanyol, dan Jepang, BlackBerry hanya memiliki pangsa penjualan sebesar 0,1 persen!
Fakta ini bisa menjadi salah satu dasar bagi Interim CEO John Chen untuk mengubah strategi perusahaannya. Dengan memanfaatkan aplikasi BlackBerry Messenger (BBM), Chen berupaya untuk menjaga dominasi BlackBerry di pasar negara berkembang. Salah satu upayanya adalah dengan menggandeng beberapa pabrikan ponsel lokal untuk memperluas ekosistem BBM.


Lebih jauh lagi, momen penurunan penjualan BlackBerry sendiri berhasil dimanfaatkan oleh Windows Phone. Pada bulan September silam, penjualan sistem operasi mobile buatan Microsoft ini mampu mengangkangi BlackBerry secara global. Bahkan platform muda ini juga berhasil melewati raihan iPhone di beberapa negara Eropa.

Related Posts

Penjualan BlackBerry Menurun Hingga Hampir Nol Persen
4/ 5
Oleh