Wednesday 28 August 2013

Smartphone Nokia Mulai Susul Posisi iPhone


Smartphone Windows Phone milik Nokia secara perlahan kini mulai mengalami tren kenaikan. Bahkan di beberapa negara Eropa, penjualan handphone Nokia berhasil mengalahkan iPhone milik Apple.

Pertama tentu saja adalah di Finlandia. Nokia berhasil menjadi raja di rumah sendiri dengan mengalahkan Samsung dan Apple. Hal ini menjadi tren yang positif, terlebih sebelumnya pada kuartal pertama 2013 Samsung merajai penjualan handphone di Finlandia.

Di negara ini, Nokia memperoleh pangsa pasar sebesar 36 persen, disusul Samsung yang memperoleh porsi sebesar 34 persen. Di tempat ketiga adalah Apple yang mempunyai porsi penjualan sebanyak 7 persen. Bagi Apple jumlah tersebut merupakan sebuah penurunan yang cukup berarti. Pada kuartal pertama 2013, Apple memperoleh porsi market share sebesar 14 persen.

Selain itu, tren positif ponsel Nokia juga terjadi di Inggris dan Italia. Khusus di Italia, Nokia berhasil menjual smartphone lebih banyak dibandingkan Nokia dan mengalami peningkatan penjualan sebesar 17 persen dibandingkan periode yang sama di 2012, menurut laporan yang dirilis PhoneArena, Minggu (25/08/13).

Di tanah Inggris, Nokia memang masih belum berhasil mengalahkan penjualan iPhone. Namun di negara ini pihak Nokia berhasil menjual smartphone miliknya dua kali lipat menjadi sebesar 396 ribu unit. Meskipun begitu, Nokia tidak menjadi top five smartphone seller di Inggris.

Secara keseluruhan di Eropa Barat Nokia mampu menjual sebanyak 1.8 juta unit smartphone. Jumlah tersebut pun merupakan penurunan dibandingkan tahun lalu, yakni sebesar 11 persen. Dan di sisi lain, penjualan smartphone di Eropa Barat mengalami kenaikan sebesar 19 persen.

Related Posts

Smartphone Nokia Mulai Susul Posisi iPhone
4/ 5
Oleh