Wednesday 26 June 2013

Apple iOS 7 Menyajikan Hal-hal Kuno dengan Bungkus yang Modern

Apple iOS 7 Menyajikan Hal-hal Kuno dengan Bungkus yang Modern


Setelah Apple merilis iOS 7 secara resmi di ajang Worldwide Developer Conference (WWDC) 2013 pada Senin dini hari waktu Indonesia, banyak pihak sepakat mengatakan bahwa ini adalah salah satu hal terpenting dan terbesar yang Apple lakukan setelah iPhone melakukan debutnya di tahun 2007.

Pendapat barusan tidaklah salah, karena tim developer iOS yang dipimpin oleh Jonathan Ive berhasil mengubah total tampilan dari sistem operasi mobile milik Apple ini. Jerukers akan bisa melihat perubahan ikon yang menjadi lebih sederhana, penambahan fitur-fitur baru, serta beberapa peningkatan fungsi iOS yang akan meningkatkan kinerja perangkat mobile Apple.

Namun beberapa pihak nyatanya tidak setuju sepenuhnya dengan hal tersebut. Pasalnya, keberadaan fitur dan fungsi baru yang ada di iOS 7, sebagian besar telah dimiliki oleh beberapa pengembang sistem operasi lainnya. Tak heran, renovasi besar-besaran di iOS 7 sedikit menimbulkan kontroversi, baik di kalangan Apple Fan Boys dan juga masyarakat umum.

Multitasking Menu
Multitasking Menu memiliki “bahan-bahan dasar” yang terbuat dari campuran beberapa fitur dari sistem operasi lainnya. Bila CInfonia menyadari, fitur ini memiliki kemiripan dengan multitasking menu yang ada di Windows Phone. Namun, Apple juga memberikan sebuah sentuhan ala Sense 4 yang ada di HTC One X.

Control Center
Control Center pada dasarnya adalah sebuah menu yang akan membuat Jerukers nantinya bisa memiliki kendali penuh terhadap perangkat iOS 7. Kalian hanya butuh menggerakkan jari kalian dari bagian bawah dan menggesernya ke arah atas untuk membuka Control Center. Di menu tersebut, kalian bisa memilih berbagai fungsi, seperti mengaktifkan Airplane Mode, Bluetooth, Wi-Fi, dan tingkat kecerahan perangkat.
Terdengar mirip Android? Ya. Kalian benar.

LG dan Samsung adalah dua perusahaan yang pertama kali mengadopsi sistem di atas saat memutuskan untuk membangun perangkat smartphone dan diadopsi oleh hampir semua perangkat bersistem operasi Android saat ini. Bahkan para Jailbreakers iPhone telah lama menggunakan sistem ini, jauh sebelum iOS 7 ditemukan.

User Interface
Apple juga memperkenalkan sistem baru untuk menerima panggilan telepon. Jerukers hanya perlu melakukan gerakan menyapu untuk menjawab telepon. Sayangnya, sistem ini lagi-lagi sudah digunakan oleh Samsung TouchWiz dan juga hampir semua smartphone Windows Phone 8.

Penambahan sistem dan fitur kamera baru di iOS 7 juga telah mengizinkan kalian untuk mengambil gambar dengan frame bujursangkar dan bisa langsung meng-edit dengan menambahkan filter-filter tertentu. Sayang, lagi-lagi Apple harus mengakui keunggulan BlackBerry 10 yang telah menggunakannya lebih awal. Tampilan motion background juga telah digunakan oleh Google di Android Ice Cream Sandwich.

Namun jangan menyebut Apple sudah kekurangan ide. Seperti yang CocomeongInfo kutip dari The Verge,mendiang Steve Jobs sendiri sempat mengutip perkataan seniman maestro Picasso pada tahun 1994, “Seniman yang baik meniru. Seniman yang besar mencuri.” Di sini, Apple tengah berinovasi dengan menyatukan seluruh ide dan konsep teknologi yang ada di dunia, serta mengubahnya menjadi sesuatu yang baru.

Apakah cara ini akan berhasil? Kita tunggu saja perkembangannya.

Related Posts

Apple iOS 7 Menyajikan Hal-hal Kuno dengan Bungkus yang Modern
4/ 5
Oleh