Friday 31 May 2013

Sony Xperia A, Smartphone Tangguh Dengan Memori Luas

Produsen elektronik asal Jepang, Sony, kembali mencoba merambah pasar android dunia khususnya untuk wilayah Asia. Setelah beberapa waktu lalu, Sony hadir dengan Xperia Z dan Xperia ZR, kini Sony tengah bersiap meluncurkan smartphone baru. Berbagai sumber di dunia maya, termasuk foto – foto menunjukkan Sebuah gadget anyar bernamaSony Xperia A  siap dirilis. Seperti yang diketahui, spesifikasi Sony Xperia termasuk tangguh untuk kelas smartphone. Bahkan untuk Xperia ZR, Sony mengklaim ponsel pintar ini sebagai gadget anti air terbaik. Lalu,  seperti apa spesifikasi Sony Xperia A ini? apakah mampu mengimbangi generasi Xperia sebelumnya? Mari kita kupas lebih dalam.
Desain dan Dimensi
Setelah Spesifikasi Sony Xperia A bocor di dunia maya, penampakan Smartphone itu akhirnya terlihat jelas di berbagai media Jepang. Sekilas desain dari Sony Xperia ini mirip dengan Sony Xperia ZR. Yang membedakannya ialah penempatan logo nama Sony yang kini terletak dibawah tombol. Hal ini disebabkan rencana Sony yang akan melepas gadget ini bekerja sama dengan operator setempat, NTT DoCoMo. Sehingga nama DoCoMo akan muncul di atas dekat kamera depan, tempat biasa logo nama Sony bertengger. Sementara untuk seri Xperia lain, logo Sony terdapat di atas dekat kamera depan.
Untuk dimensi, Sony Xperia A memiliki desaign elegan dan mewah dengan ukuran 131.3 x 67.3 x 10.5 mm serta berat 141 gram. Smartphone baru ini dikabarkan juga dilengkapi fitur anti air dan debu seperti saudara kandung premium, Xperia Z dan ZR. Sony Xperia A akan dirilis dengan empat pilihan warna, yakni white, pink, mint, dan black.
Performa
Jika Anda melihat generasi Xperia sebelumnya, Anda tak perlu ragu lagi dengan spesifikasi Sony Xperia A. ponsel pintar ini disokong prosessor quad core snapdragon APQ8064 dengan kecepatan 1,5 GHz dengan RAM 2GB . Prosesor tersebut diharapkan mampu menemani sistem operasi Android versi 4.1, Jelly Bean.
Layar
Untuk spesifikasi Sony Xperia A, ponsel ini menggunakan layar LCD 4,6 inci HD Reality Display dengan resolusi 1,280 x 720 piksel. Dengan spesifikasi tersebut, ponsel ini diharapkan mampu menampilkan kualitas gambar atau video dengan baik. Tambahan teknologi Sony BRAVIA Engine 2 yang biasa disematkan Sony di produknya juga membuat kualitas tampilan layar gadget ini cukup tajam dan cerah.
Konektivitas
Dari segi konektivitas, spesifikasi Sony Xperia ini mampu memacu data dari GPRS, EDGE hingga HDSPA 3G bahkan kabarnya ada versi untuk LTE 4G. Bagi yang suka browsing ditempat umum, ponsel ini juga dilengkapi fitur Wifi. Untuk urusan transfer data, smartphone Android ini juga dilengkapi Bluetooth, slot microSd hingga slot micro USB. 
Memori Penyimpanan
Tidak seperti keluarga Xperia lainnya, gadget ini kemungkinan akan ditanami memori internal 32 GB. Jika itu masih dirasa kurang, ada memori eksternal micro sd hingga 64 GB.
Kamera dan Video Recorder
Dalam spesifikasi Sony Xperia A ini, anda tak perlu ragu lagi dengan sektor pengambilan gambar. Ponsel pintar ini dipersenjatai kamera utama 13 megapiksel, sementara kamera depan VGA 0,3 megapiksel. Kamera utama dilengkapi resolusi 4128x3096 piksel, dengan tambahan LED Flesh. Ponsel ini juga dilengkapi fitur touch focus, face detection, image stabilization, HDR, sweep panorama dan sensor Exmor RS . Fitur tersebut cukup mumpuni untuk mengambil gambar panorama hingga makro bahkan merekam video hingga HDR.
Baterai
Untuk spesifikasi Sony Xperia A di sektor catu daya atau baterai, ponsel Jepang ini masih menggunakan  baterai Li-ion 2300 mAh. Sony mengklaim semua keluarga Xperia termasuk Sony Xperia A ini mampu bertahan lebih lama dengan smartphone di kelas yang sama.
Fitur Lain
Seperti yang sudah dibahas diatas, jika benar Sony Xperia adalah versi jepang Sony Xperia ZR. Maka spesifikasi Sony Xperia A tak akan jauh dari saudaranya Xperia ZR. Fitur yang jadi andalan tentu saja, fitur anti air dan debu. Sony juga menambahkan beberapa sensor seperti Accelerometer, gyro, proximity, compass. Ponsel ini dapat memutar music dengan format MP3,eAAC+,WMA hingga WAV.
Perkiraan Harga
Hingga saat ini, belum ada kepastian dari Sony akan kabar dirilisnya Sony Xperia A di pasar Asia. Dengan spesifikasi Sony Xperia A yang tak jauh dari Xperia ZR, maka kemungkinan ponsel ini akan dilepas dengan harga yang tak jauh dari Xperia ZR. Sekadar catatan, Xperia ZR dilepas dengan harga 350 pundsterling. 
Kesimpulan
Melihat spesifikasi Sony Xperia A yang sangat mumpuni. Ponsel pintar ini layak menjadi gadget harian Anda. Disokong prosessor quad core snapdragon APQ8064 dengan kecepatan 1,5 GHz serta memori internal yang besar, membuat Anda bebas berekspresi menggunakan gadget ini. Apalagi Semua keluarga Xperia terkenal akan sistem musiknya yang handal

Related Posts

Sony Xperia A, Smartphone Tangguh Dengan Memori Luas
4/ 5
Oleh