Monday 1 April 2013

News Republic – Aplikasi Android Yang Menyuguhkan Berita Dunia Terkini

News Republic – Aplikasi Android Yang Menyuguhkan Berita Dunia Terkini
Seluruh dunia, dan seluruh manusia membutuhkan berita. Berita dibutuhkan oleh setiap orang untuk mendapatkan informasi mengenai suatu obyek yang ingin diketahui. Berita ada yang berasal dari mulut ke mulut dan tidak perlu membayar untuk mendapatkannya atau pun ada yang memang berbayar seperti yang terdapat pada media cetak dan media online. Seiring perkembangan jaman yang semakin modern dikarenakan teknologi yang selalu berkembang dan berubah dalam waktu ke waktu, maka berita dapat dikemas dan diakses dalam berbagai cara. Salah satunya adalah dikemas dalam aplikasi berita yang diakses melalui smartphone berbasis OS Android. Aplikasi berita di Android ini banyak macamnya. Salah satunya adalah News Republic buatan dari MobileRepublic. Di dalam aplikasi ini pengguna bisa mendapatkan berita dunia terkini, berita internasional terkini, dan juga berita terhangat.

News Republic tersedia di Google Play. Pengguna smartphone Android dapat mengunduh aplikasi ini dengan gratis. Tempat file yang perlu disediakan untuk memuat aplikasi ini adalah sebesar 3,1 MB. Versi sistem operasi Android yang kompatibel dengan aplikasi ini adalah versi 1.5 ke atas. Aplikasi ini termasuk ke dalam kategori aplikasi dewasa ke bawah yang mana anak-anak perlu diperhatikan penggunaanya. Aplikasi ini dimasukkan dalam kategori tersebut dikarenakan berita yang tersedia dalam aplikasi ini memasukkan berbagai macam berita, mulai dari berita dunia terkini yang mungkin ada berita mengenai kekerasan di dalamnya atau juga perang hingga berita terhangat atau yang sedang tren, seperti honeymoon para selebriti dunia atau berita pernikahan selebriti dunia. Versi saat ini dari News Republic sudah mencapai versi 3.0.0.
Di dalam versi ini diberikan update berupa disain baru yang elegan, fitur kostumisasi layar home yang bisa mengecilkan atau menggerakkan berita yang ada, topik berita yang sedang favorit saat ini juga ditambahkan dalam layar, peningkatan katalog pada pencarian populer, penambahan sumber berita seperti Washington Post, AOL Music, TechCrunch, Engadget, CNET, Huffington Post, CHOW, dan juga Movieone, serta ada juga peningkatan fungsi pada tablet. Pada pembaca berita yang menggunakan tablet diberikan visual baru dari overview yang mencakup berita update dari semua topik favorit pengguna.
Aplikasi News Republic pada Google Play mendapatkan rating cukup baik, yaitu 4,6 dari nilai sempurna 5. Respon positif dari pengguna berdasarkan kepada keunggulan aplikasi ini yang salah satunya adalah tampilan disain yang elegan dan menarik dari aplikasi ini. Kemasan disain yang elegan dan menarik ini disambut hangat oleh pengguna dikarenakan selain fungsi yang dicari, faktor estetika juga sangat diperhatikan oleh pengguna yang berasal dari Eropa dan Amerika.Aplikasi ini juga disukai karena kecepatan mengaksesnya dibandingkan aplikasi lain semacam Google Reader yang saat ini sedang menanti hari penutupannya. Layout yang dapat dirubah sesuai keinginan pembaca berita, akses ke berbagai berita luar dengan satu aplikasi saja dan juga feed berita dari topik yang populer membuat penggunanya senang akan aplikasi ini.
Pengguna aplikasi ini dapat membaca berita dunia terkini dalam kategori tertentu dari pelbagai sumber. Contohnya adalah jika anda ingin membaca berita ekonomi anda bisa mendapatkan berita dari Washington Post dan juga Huffington Post dalam waktu yang bersamaan. Pengguna menganggap fitur-fitur tersebut mempermudah mereka dalam hal mendapatkan informasi dari berita. Jadi mereka dapat membandingkan dan mendapat informasi suatu obyek dari sudut pandang yang berbeda-beda dengan cepat. Keunggulan lain yang didapatkan pembaca dari aplikasi ini dibandingkan aplikasi sejenis lainnya adalah aplikasi ini dapat memberikan informasi secara rutin, selain itu berita yang diberitakan tergolong dalam kategori menarik dan atau juga penting yang mana aplikasi lain jarang memberikan ini.
Tidak ada yang sempurna. Begitu pula dengan aplikasi ini, aplikasi ini memiliki kekurangan pada penerapannya. Salah satu kekurangannya adalah terdapat pada penempatan berita yang salah dari suatu kategori. Contohnya adalah berita yang seharusnya berada dalam kategori daerah New York ditempatkan pada kategori daerah Chicago. Oleh karena hal ini , ada yang menyebut aplikasi ini sebagai aggeragator suatu berita. Keburukan lain dari aplikasi yang dapat menyuguhkan berita dunia terkini ini adalah sistem yang crash ketika digunakan pada beberapa smartphone. Salah satu kasus dari crash ini menimpa pada pengguna smartphone Samsung Galaxy Note 2. Namun, secara keseluruhan aplikasi ini masih tergolong kepada aplikasi yang top dikategorinya yang dibuktikan dengan pemberian rating yang tinggi.

Related Posts

News Republic – Aplikasi Android Yang Menyuguhkan Berita Dunia Terkini
4/ 5
Oleh