Wednesday 19 September 2012

Samsung Galaxy Note 10.1, Your Creativity Start Right Here


Samsung ternyata berhasil menciptakan fashion baru di dunia teknologi yang membuat tablet lebih digandrungi lagi oleh pecinta Android. Multiscreen dan S Pen menjadi bintang utama mereka hingga membuat iPad baru harus berpikir ulang untuk mengalahkan popularitas tablet baru Samsung ini.
Samsung Galaxy Note 10.1 tidak sekedar sekuel dari seri tablet yang terkadang membosankan, lantaran hanya digunakan untuk meng-update hardware semata. Fitur Multiscreen ternyata mampu memaksimalkan  kemampuan S Note lebih dalam lagi, tidak sekedar menjadi aplikasi pendukung yang cepat menjadi bosan setelah beberapa lama. Lalu update apalagi yang dilakukan Samsung di Samsung Galaxy Note 10.1, simak review kami berikut ini:

Desain
Berbeda dari smartphone-nya, Samsung tablet tampaknya lebih berhasil membuat perbedaan cukup signifikan yang akan membuat pecinta Android mudah membedakan iPad dengan Galaxy Note 10.1. Hadir dengan dua warna, deep grey dan white, beberapa dari kami lebih jatuh cinta pada desain warna putih terlihat lebih cocok dengan nuansa silver di bagian bezel.
Tipis dan ringan, membuat kamu mudah memegangnya dengan hanya tangan satu, sedangkan tangan yang satu lagi menggambar sesuatu dengan menggunakan S Pen. Uniknya, Note 10.1 dilengkapi dengan infra-red yang akan berfungsi sebagai remote control Samsung Smart TV. Sehingga Note 10.1 mampu mengoptimalkan fitur Smart Interact.



DisplayResolusi yang digunakan Samsung Galaxy Tab 10.1 memang telah dirasa cukup mewakili luas tablet besar. Teknologi layar WXGA TFT pun masih sama menemani resolusi 1280 x 800 piksel sehingga nostalgia menggunakan Tab 10.1 semakin manis. Resolusi ini kami sudah cukup sesuai untuk memuat dua aplikasi sekaligus dalam satu layar. Karena terlalu lebar pun, ukuran font pun akan menjadi lebih kecil yang membuat mata bekerja keras. Tentu akan percuma jika resolusi layar yang luas hanya digunakan untuk aplikasi entertainment semata.

Interface
Jika kamu pernah menggunakna Smasung Galaxy Tab 2 7.0 atau Tab 2 10.1  dengan Ice Cream Sandwich, maka kami jamin kamu tidak akan tersesat dalam mencari berbagai widget dan melakukan pengaturan di Galaxy Note 10.1. Dukungan interface Touchwiz yang dibuat khusus oleh para teknisi Samsung, masih menawarkan kamu launcher app desktop dan berbagai tombol homescreen untuk mengakses berbagai aplikasi dengan cepat. Sama seperti Samsung Galaxy S3, kamu akan diberi back sound air saat melakukan lock dan unlock Galaxy Note 10.1.

Performa
Saat quad-core pertama kali diperkenalkan, banyak orang sempat pesimis dengan aplikasi yang mampu menguji kemampuan si prosesor. Namun kehadiran Galaxy Note 10.1 dengan multiscreen-nya ternyata mampu menjawab tantangan dari prosesor Exynos quad-core 1.4GHz dan RAM 2GB. Itupun kamu hanya akan merasakan sedikit jeda saat kamu membuka aplikasi yang membutuhkan koneksi internet. Kesaktian prosesor dan RAM Galaxy Note 10.1 memang sangat terasa saat kami memutar file film dan kemudian di sebelahnya browser membuka homepage Jeruknipis.com. Sayangnya baru enam aplikasi saja yang didukung oleh fitur multiscreen.



S Pen
Tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa bintang utama dari Galaxy Note tidak lain pena pintar berbasis teknologi yang digunakan untuk digitizer Wacom, sehingga membuat aktifitas membuat catatan, memodifikasi gambar semakin akurat dan lebih kreatif dari sebelumnya.



Dengan desain karet dan plastik, S Pen menawarkan pengalaman yang berbeda di layar tablet. Tombol yang terletak di sisi S Pen juga memberikan fungsi tambahan untuk membuka S-Note dengan tap ganda dan mengambil screenshot hanya dengan menekan pada layar.

Pada dasarnya ada enam aplikasi yang sudah disediakan Samsung kompatibel dengan S Pen, di antaranya S Planner, S Note, Crayon Physics, Photoshop Touch dan Polaris Office. Aplikasi Samsung S Suggest menawarkan saran untuk menggunakan aplikasi yang didukung S-Pen, tetapi kami sepertinya  lebih memilihnya mengetikkan 'S-Pen' di Google Play.



S Note dan Adobe Photoshop Touch yang biasanya hanya bisa diperoleh dengan membayar sejumlah uang, ternyata bisa menjadi aplikasi yang sangat sempurna untuk menguji seberapa presisi S Pen saat melakukan cropping atau membuat tulisan tangan yang hanya bisa dibaca oleh kamu sendiri. Intergrasi Wolfram Alpha juga membuktikan bahwa aplikasi di Galaxy Note 10.1 bisa membantu perhitungan rumus para pelajar atau mahasiswa.

Kamera dan Video
Kami harus mengakui performa kamera dan video Galaxy Note 10.1 memang masih berada di bawah smartphone high-end milik Samsung. Karena Samsung Galaxy Note 10.1 hanya memiliki kamera 5 megapixel di belakang dan 1.9 megapiksel di depan. Sementara LED flash tetap bisa bekerja dengan baik. Tapi jangan kecewa, karena kamu akan dibekali dengan beberapa mode pemotretan yang bagus seperti Cartoon mode dan Buddy Share yang diambil dari Samsung Galaxy S3. Perekaman video yang mampu memamerkan 720p terasa cukup standar untuk sebuah video dokumentasi tablet.



Baterai
Dengan prosesor quadcore di mendukung kinerja Galaxy Note 10.1, masa pakai baterai menjadi penting yang mengharuskan Samsung mengemas baterai 7.000 mAh. Dari pengujian kami dengan penggunaan normal, baterai Galaxy Note 10.1 nyatanya mampu melewati satu hari pemakaian, meski dengan sisa baterai yang menipis. Namun kami tidak terlalu nyakin saat masa sibuk menghadang, Galaxy Note 10.1 bisa lolos dari siksaan para android maniak.

Aksesoris
Anymode SmartCase
Para pecinta Samsung Android tentu sudah tidak asing lagi dengan brand Anymode yang telah resmi menjadi penyedia aksesoris perangkat Samsung di Indonesia, termasuk Samsung Galaxy Note 10.1. Smart Case berwarna putih ini tampil dengan dengan lapisan kulit bertekstur yang akan mempermudah genggaman agar tidak mudah terselip. Bagian dalam case terbuat dari lapisan microfibe yang lembut untuk menjaga desain dari goresan. Sedangkan material polikarbonat pada cover depan dan belakang melindungi tablet dari benturan ringan.

Stand smart cover Anymode Note 10.1 dilengkapi dengan klip dibagian belakang yang akan membantu penggunaan tablet saat berada di pangkuan. Ketika berada di atas meja, kamu bisa mengatur 3 pilihan kemiringan agar mempermudah visibilitas.

Kesimpulan
Kesan pertama Samsung Galaxy Note 10.1 memang agak sulit dilupakan. Berbagai update di software S Note, multiscreen dan Adobe Photoshop Touch membuat tablet ini mampu mengangkat kreatifitas penggunanya yang mungkin hanya pernah menggambar di buku gambar saat di sekolah dasar. Fitur-fitur tersebut dipastikan tidak akan membuat kamu hanya menggambar dua gunung, matahari dan jalan ditengah sawah saja.

Jelas-jelas di sini Samsung berhasil membuat inovasi yang sangat berbeda yang menyebabkan iPad tertinggal sangat jauh. Samsung seperti sedang melakukan edukasi, bahwa persaingan tidak selalu harus dibagian hardware, namun nilai tambah dari sebuah ciri khas aplikasi eksklusif bisa menarik perhatian banyak orang.
Harga: Rp 6,999,000 

Spesifikasi
Processor    1.4GHz Exynos Quad-Core Processor
Display         10.1" WXGA(1280x800) LCD
OS                 Android™ 4.0 (Ice Cream Sandwich)
Camera        Main(Rear): 5 Megapixel Auto Focus Camera with LED Flash
                       Sub(Front): 1.9 Megapixel Camera
Dimension : 262 x 180 x 8.9 mm
Weight :         600g (3G), 597g (WiFi)
Battery           Standard battery, Li-ion 7,000mAh
Features       S Pen Experience(6.5mm S Pen, S Note, S Planner etc.)
                       Multi Screen
                       Adobe® Photoshop® Touch
                       Pop up play
                       Smart Stay
                       Samsung TouchWiz
                       Video Wall
                       Samsung Apps

Plus
+ Quad-core bikin multiscreen langsam
+ Multitasking dengan multiscreen
+ Display terang, kaya warna
+ S Pen lebih besar lebih baik
Minus
- Belum didukung Jelly Bean
- Aplikasi S Pen
- Kamera kurang maksimal

Related Posts

Samsung Galaxy Note 10.1, Your Creativity Start Right Here
4/ 5
Oleh