Tuesday 15 April 2014

Google Siapkan Aplikasi Khusus Pelindung Android dari Malware

Google menyiapkan aplikasi khusus untuk mencegah serangan malware smartphone Android. Fiturnya bernama Verify Apps. Saat ini, Verify Apps mampu melakukan scanning berkelanjutan untuk memastikan Android bersih dari malware.

Perekayasa keamanan Android Rich Cannings menulis di blog Android resminya bahwa Verify Apps siap melindungi para user Android saat mereka meng-install aplikasi di luar Google Play, pada saat dilakukan installation, dan setelah installation . Verify Apps terus mengecek secara kontinyu untuk memastikan aplikasi baru tersebut aman.

Tahun lalu, dasar dari layanan ini – Verify Apps – telah digunakan lebih dari empat miliar kali, untuk mengeck aplikasi saat di-install. Perbaikan ini akan meningkatkan kemampuan proteksi lebih jauh, penggunaan aplikasi Android secara penuh, scanning system yang dikembangkan oleh tim Safe Browsing dan keamanan Android, kata Cannings.

Aplikasi akan menunjukkan sebuah peringatan yang similar ke peringatan Verify Apps, yang kemudian pengguna akan memilih apakah akan terus atau me-remove aplikasi.

Di Googla Play, Google Bouncer men-scan aplikasi yang terindikasi malware, tetapi pengguna mendowload aplikasi dari sumber luar, seperti toko Amazon , dll, harus terelay ke Verify Apps untuk perlindungan dari malware.

Februari yang lalu, kepala perekayasa keamanan Android Adrian Ludwig menyampaikan bahwa kurang dari 0,001 persen semua aplikasi Android terhindar dari segala bentuk ancaman malware – tetapi Google tetap mau membuat Android aman bagi semua users.

“ Kendati Android sangat rendah resiko terserang malware, kami berkomitmen untuk memastikan sistem keamanan yang kamu miliki adalah terbaik dan tersedia bagi semua users Android,” kata Cannings.

Sumber Android-Indonesia

Related Posts

Google Siapkan Aplikasi Khusus Pelindung Android dari Malware
4/ 5
Oleh