Saturday 25 January 2014

John Chen Mengganggap Dirinya Sebagai Dokter yang Bisa Menyembuhkan Penyakit BlackBerry


Seperti diketahui, BlackBerry kini menjadi sorotan lantaran begitu banyak prahara yang dihadapi, mulai dari permasalahan internal hingga penjualan handset yang flop di pasaran. Di tengah 'penyakit' yang menimpa BlackBerry tersebut, John Chen, CEO terbaru, mengklaim diri sebagai dokter yang sanggup menyembuhkannya.

Dalam sebuah wawancara yang dilansir Recode, Chen menyadari bahwa dia telah mengambil pekerjaan yang bakal menyulitkan dirinya sendiri. Dia bahkan mengklaim dirinya seorang 'abnormal' karena menjadi CEO perusahaan yang sedang 'sekarat' tersebut dibandingkan bekerja di tempat yang lebih mudah.

"Saya akan menendang diri saya sendiri jika tidak mencobanya. Kebanyakan eksekutif yang normal atau CEO pasti lebih memilih tempat yang lebih aman dan lebih mudah. Saya adalah seorang abnormal," ungkapnya.

Untuk menyembuhkan BlackBerry, Chen memiliki strategi perawatan di mana perusahaan tersebut harus kembali melayani perusahaan dari akarnya, terutama industri regulasi seperti pemerintahan dan bursa saham. Di kawasan ini, BlackBerry menurutnya tidak memiliki banyak pesaing, tapi pihaknya harus bergerak cepat mengingat kebanyakan dari pengguna masih menggunakan sistem operasi yang lama.

Dia menyebutkan, saat ini sementara terdapat 80.000 pelanggan dari kalangan perusahaan yang menggunakan sistem BlackBerry Enterprise Services (BES), di mana 30.000 dari jumlah tersebut adalah pelanggan yang sedang mencoba layanan tersebut.

Chen beranggapan, tantangan yang dihadapinya tidak jauh berbeda ketika dirinya masih menjadi CEO Sybase, di mana dia harus menyelamatkan perusahaan itu dan berjuang melawan pemain besar seperti Microsoft dan Oracle.

Mengenai tantangannya memimpin BlackBerry, Chen berdiplomasi bahwa dirinya siap memasukinya dengan melakukan pembenahan manajemen dan perawatan yang diperlukan bagi pelanggan.

"Jika Anda adalah seorang dokter ruang gawat darurat, Anda tidak perlu takut darah," pungkasnya. Jadi, apakah dengan begitu BlackBerry sudah segawat itu?

Related Posts

John Chen Mengganggap Dirinya Sebagai Dokter yang Bisa Menyembuhkan Penyakit BlackBerry
4/ 5
Oleh