Wednesday 29 January 2014

Fitur Bawaan Samsung Galaxy S4 Terlalu Rakus Memori


Jika kamu memiliki Samsung Galaxy S4 dengan kapasitas 16 GB, jangan berpikir kamu akan benar-benar mendapatkan memori internal sebanyak itu. Dalam sebuah penelitian, justru smartphone ini memiliki fitur bawaan paling menguras memori dibandingkan smartphone lainnya.

Adalah Which?, sebuah website produk konsumer di Inggris yang melakukan penelitian terhadap beberapa smartphone untuk mengetahui sisa storage yang diterima pengguna pada smartphone dengan kapasitas 16 GB.

Dalam penelitian yang dilansir BGR,Galaxy S4 hanya menyisakan 8,56 GB memori untuk penggunanya.Di peringkat selanjutnya, LG G2 menyisakan 10,37 GB, Nexus 5 12,28 GB, dan iPhone 5C menyisakan paling banyak memori, yakni 12,6 GB.

Apa yang menyebabkan Galaxy S4 begitu rakus hingga tinggal menyisakan 54% memori di dalamnya? Tak lain tak bukan adalah adanya fitur-fitur pre-loaded yang dibenamkan Samsung di dalamnya, termasuk user-interface Touchwiz.

"Beberapa fitur bawaan Samsung memang terlihat begitu menarik perhatian, tetapi kebanyakan tidak berguna. Teknologi eye tracking yang bisa menghentikan video ketika pengguna matanya berpaling dari layar memang terlihat sangat menarik, tapi kenyataanya fitur ini bekerja dengan sangat buruk, menguras baterai, dan memonopoli memori interal," begitu klaim Which?.

Untungnya, Samsung menyadari 'kekurangan' ini dengan memberikan gimmick tak berlebihan pada Galaxy Note 3, di mana untuk fitur-fitur bawaan yang disertakan untuk kapasitas 16 GB, masih menyisakan 60% memori. Meskipun begitu, sudah memang sebaiknya vendor smartphone harus mengurangi fitur-fitur bawaan yang kurang berguna bagi penggunanya, agar memori internal di dalamnya tetap terjaga kapasitasnya.

Related Posts

Fitur Bawaan Samsung Galaxy S4 Terlalu Rakus Memori
4/ 5
Oleh