Thursday 26 December 2013

Ponsel China Bakal Lebih Agresif Menginvasi Pasar Global di Tahun 2014


Sebagai negara yang memiliki jumlah penduduk terbanyak di dunia, tentu rekor ini tidak terlalu mengejutkan. Hanya saja, dengan adanya jumlah penjualan yang tinggi tersebut tentunya akan menjadi salah satu amunisi vendor smartphone di China untuk menginvasi dunia.

Menurut sebuah laporan industri yang dilansir Digitimes, sebanyak 436 juta smartphone akan terjual di China pada tahun depan. Yang mencengangkan, sebanyak 64% dari handset yang terjual merupakan buatan vendor lokal setempat.

Dengan begitu, hanya terdapat sekitar 158 juta smartphone brand global yang akan terjual di negeri Tirai Bambu tersebut. Meskipun kalah telak dari dominasi vendor lokal, pembelian handset pabrikan global naik sebanyak 3% dibandingkan tahun sebelumnya.

Selain angka penjualan smartphone dalam negeri yang meningkat, vendor China juga mengalami peningkatan di lini ekspor, di mana akan terdapat sebanyak 407 juta smartphone yang akan dijual ke berbagai negara, khususnya ke pasar negara berkembang. Jumlah tersebut meningkat sebanyak 28% dari ekspor smartphone tahun ini.

Dari penjualan itu, nama-nama besar seperti Lenovo dan Huawei diperkirakan akan mengapalkan masing-masing 50 juta unit smartphone. Selanjutnya Coolpad dan ZTE menjual sebanyak 37 juta unit, sedangkan TCL bakal menjual sebanyak 26 juta unit. Sedangkan Oppo dan Xiaomi yang memiliki profil lebih tinggi, diperkirakan akan menjual 20 juta unit di tahun 2014 nanti.

Invasi smartphone dari vendor China tersebut sudah dipastikan akan mempertajam kompetisi di segmen smartphone. Apalagi selain spesifikasi, faktor harga juga menjadi sesuatu yang mampu mendongrak daya tarik smartphone China dibandingkan merek-merek global.

Related Posts

Ponsel China Bakal Lebih Agresif Menginvasi Pasar Global di Tahun 2014
4/ 5
Oleh