Wednesday 26 June 2013

Tiga Fitur Unggulan Apple di iOS 7

Tiga Fitur Unggulan Apple di iOS 7

Ajang akbar Worldwide Developers Conference atau lebih dikenal dengan nama WWDC, resmi digelar pada hari Selasa (11/06/13).Seperti yang telah diprediksi sebelumnya, Apple membuka acara tersebut dengan meluncurkan sistem operasi terbaru yang tengah hangat digosipkan saat ini, yaitu iOS 7.

Generasi terbaru dari sistem operasi mobile milik Apple ini, seperti yang telah dibahas oleh para analis, jelas telah mengalami perombakan ulang. Hal ini terlihat dari sisi desain yang serba baru dan hadirnya ratusan fitur anyar. “iOS 7 adalah sebuah perubahan besar bagi (ekosistem) iOS sejak iPhone pertama kali diluncurkan,” ungkap CEO Tim Cook

Perubahan iOS 7 sebenarnya bisa kita lihat dengan jelas dari sisi desainnya yang seperti mengedepankan sisi minimalis. Bagi mereka yang sudah akrab dengan sistem operasi iOS terdahulu, kemungkinan besar akan merasa sedikit asing, karena tidak lagi bisa menemukan ikon note berwarna kuning atau tampilan skeuomorph ala iOS sebelumnya. Kini semuanya menjadi lebih halus, sederhana, dan tampak berkelas.

Berikut ini adalah tiga pembaruan utama yang dihadirkan oleh Apple di dalam sistem operasi iOS 7

Control Center
Control Center adalah nama fitur terbaru yang akan memudahkan para pengguna iPhone dalam berinteraksi dengan perangkatnya. Secara umum, fitur ini akan menyediakan sebuah menu swipe-up yang bisa diaktifkan dengan menggunakan gestur sapuan. Di dalam menu, kalian akan disajikan beberapa pilihan dari fungsi atau aplikasi yang sering CInfonia gunakan.

Selain itu, kalian juga bisa mengendalikan musik, jaringan internet, Bluetooth, airplane mode, Wi-Fi, pengaturan kecerahan layar, dan opsi-opsi lainnya. Secara keseluruhan, fitur Control Center adalah salah satu fitur yang telah lama didamba-dambakan oleh para pengguna iPhone dan iPad sejak lama.

AirDrop
AirDrop menjadi fitur terbaru, sekaligus terbaik yang hadir di iOS 7. Dengan menggunakan fitur ini, maka para pengguna iOS akan bisa langsung membagikan file lewat fasilitas Control Center atau mengirim sebuah file kepada pengguna iPhone lainnya secara langsung.

Fitur AirDrop adalah jawaban Apple terhadap tantangan Samsung yang mengunggulkan fitur NFC-sharing di Galaxy S4.


Siri
Siri adalah salah satu fitur yang mengalami perubahan besar-besaran di iOS 7. Salah satunya adalah penambahan suara laki-laki yang juga bisa berbicara dalam bahasa Inggris, Perancis, dan Jerman. Menurut kabar yang beredar, pihak developer kini tengah berusaha untuk menambahkan beberapa bahasa baru.
Siri di iOS 7 kini juga telah memiliki kontrol penuh untuk mengendalikan Bluetooth atau mengatur tingkat kecerahan layar. Selain itu, kalian juga bisa mengaktifkan Twitter, Bing, dan Wikipedia dengan hanya memberikan perintah kepada Siri.

Menurut pihak Apple, iOS 7 nantinya hanya akan dirilis dan digunakan oleh perangkat-perangkat mulai dari iPhone 4 dan iPad 2. Selain itu, iOS 7 juga akan memperkuat iPod Touch mulai dari generasi kelima. Walaupun telah dirilis dalam versi beta untuk para developer, namun para pengguna baru akan bisa menggunakannya pada musim gugur mendatang.

Tertarik dengan update yang dilakukan Apple terhadap iOS 7?

Related Posts

Tiga Fitur Unggulan Apple di iOS 7
4/ 5
Oleh