Friday 7 June 2013

Cara Rooting Samsung Galaxy S4

 
Samsung Galaxy S4 merupakan smartphone yang masih sangat baru saat ini. Harganyapun masih melambung tinggi. Walau harganya tinggi, penggemar Android terus memburu handphone ini, begitu juga di Indonesia. Yang dulunya demam Blackberry sekarang mulai beralih ke Android.
Karena Android merupakan platform open source, maka bebas bagi pengguna untuk me-root perangkatnya. Salah satu developer yang paling terkenal dalam hal me-root-ing Android adalah XDA Developer. Mereka selalu paling awal mengeluarkan cara me-roo-ing Android dan hasilnya bila kita ikuti dengan benar kemungkinana besar berhasil. Karena, root Android ini cukup rumit dan butuh ketelitian Anda. Hasilnya memang mengagumkan seperti instalasi launcher, menu, aplikasi game dan lain sebagainya. Tanpa root, Anda tidak mendapatkan fasilitas full dari Android.
Persyaratan awal dan Kehati-hatian
Samsung Galaxy S4 merupakan barang yang masih baru sekali. Karena itu ini masih bersifat experimental. Memang fitur yang kita dapatkan setelah me-root smartphone Android melimpah ruah tetapi untuk produk baru itu mungkin pilihan yang cukup sulit. Karena itu, Paseban tidak bertanggung jawab apabila terjadi masalah dengan Samsung Glaxy S4 Anda. ini tidak semudah SuperOneKlick, tutorial menunjukkan kearah yang lebih manual. Kalau Anda belum terlalu akrab dengan Android atau Samsung Galaxy lebih baik tidak me-root Galaxy S4 Anda sekarang. Tunggu versi mudahnya keluar di internet.
Totorial ini bekerja untuk Samsung Galaxy S4 versi internasional (i9500), dengan nomer yang berakhir XXUAMDE, Android versi 4.2.2. Untuk melihat apakah Android Anda memenuhi syarat buka Setting>More>About Device:
Perhatikan nomer Build Number, akhirannya adalah XXUAMDE. Perangkat ini layak untuk di-root-ing dengan tutorial ini. Jika Anda melihat hal yang sama dengan perangkat Anda, bisa melanjutkan proses berikutnya.

Menyiapkan Mode USB Debugging
Untuk membuat ini bekerja, Anda harus merubah mode menjadi USB Debugging di Samsung Galaxy S4 Anda. Mungkin proses root bisa bekerja walau Anda melewati langkah ini. Tetapi, USB Debugging berguna agar kita bisa mengotak-atik perangkat kita sehingga kita bisa dengan baik melakukan proses ini. Samsung membuat proses ini lebih sulit dari yang kita perlukan, berikut caranya:
1.       Go Setting>More>About Device (sudah bila Anda melakukan langkah sebelumnya)
2.       Scroll kebawah ke Build Number kemudian tap sebanyak tujuh kali, ya tap tap tap saja sampai tujuh kali.
3.       Anda akhirnya akan mendapat notifikasi “Developer mode has been enabled”
4.       Anda kemudian mendapatkan Menu Developer
5.       Tap pada Developer Menu dan aktifkan USB Debugging

Dapatkan File yang Anda Butuhkan
Kita akan membutuhkan driver USB Samsung, Odin (alat yang digunakan untuk melakukan flash).
- Download Driver USB Samsung di sini dan install. Pastikan Anda memiliki antivirus yang up-to-date seperti MS Security Essential karena ini bukan berasal dari website resmi Samsung atau Android.
Download file cofface root. Klik di sini untuk mendownload. Website tersebut berbahasa Cina. Mungkin ketika Anda membaca artikel ini banyak tersedia di forum-forum internasional tetapi, awalnya file tersebut dari link di atas. Download file dengan nama SamsungI9500_cwm_Recovery_by cofface_0503.zip. Idealnya, Anda mendownload file-file ini dari sumber awalanya agar file belum tercemari.
Flasing File: Ini Langkah yang Beresiko
Sekarang Anda telah memiliki bahan dasar untuk melakukan root.
- Extract file dari Cofface ke suatu tempat. Berikut tampilan foldernya:
- Matikan handphone Anda
- Tekan dan tahan tombol pengecilan suara dan tombol Home bersamaan kemudian tekan tombol power. Dilayar akan menampilkan teks apakah Anda ingin melanjutkan. Tekan tombol membesarkan suara untuk ya. Selamat, Anda dalam mode Download.
- Sambungkan handphone Anda ke komputer, ini akan memicu instalasi driver
- Jalankan Odin:
- Ceklis PDA di Odin
cofface_samsungI9500_recovery_en_0503.tar. Perhatikan en di nama file, itu menunjukkan bahasa Inggris, jadi Anda tidak ingin bahasa Cina cn menjadi nama dari file-file Anda.
- Sekarang adalah bagian yang menakutkan, flasing file. Klik Start dan tunggu. Jangan pernah memutuskan sambungan handphone dan komputer saat ini. Ini akan memakan waktu beberapa menit dan hasilnya seperti ini:
Booting untuk Recovery dan Rooting
Sudah selesai? Belum, Odin barusaja selesai proses flasing perangkat Anda dan seharusnya handphone merestart. Biarkan selesai booting kemudian matikan lagi. Kemudian:
1.       Hidupkan kembali perangkat Anda, ini waktunya Recovery Mode. Untuk melakukan ini tahan lagi tombol pengeras volume+Home dan tekan tombol power (seperti langkah sebelumnya)
2.       Anda berada pada mode CMW recovery untuk beberapa waktu (jangan khawatir, ini hanya sebentar)
3.       Arahkan ke “root your phone”
4.       Pilih “Root your phone”
5.       CMW akan menunjukkan “Root Done, Please Reboot”
6.       Reboot handphone Anda
7.       Anda akan mendapatkan promt singkat yang berkata “Android is Upgrading”. Dan Anda sudah memiliki aplikasi baru SuperSU:


Verifikasi
Untuk memastikan perangkat tersebut sudah dalam keadaan root, install Titanium Backup. Ketika menjalankannya Anda akan mendapatkan prompt untuk akses root. Bila Anda sudah berhasil akan mendapatkan seperti ini.

Related Posts

Cara Rooting Samsung Galaxy S4
4/ 5
Oleh