Friday 31 May 2013

Review Lenovo IdeaPad S405 - Ultrabook Bercita Rasa Netbook


Pabrikan Lenovo kian menunjukan dominasinya di pasar Ultrabook, kali ini pabrikan komputer jinjing yang berkonsentrasi pada perangkat bisnis ini kembali memperkenalkan salah satu perangkat bisnis terbaiknya untuk para konsumen bisnis yang disematkan namaLenovo IdeaPad S405. Berikut review spesifikasinya.
Desain
Casing perak yang membungkus mesin ini sama dengan IdeaPad S400 dan memiliki kelemahan yang sama pula. Perangkat ini memiliki tinggi sebesar 22 mm dan tidak mengambil porsi yang besar untuk bagian buritan dari desainnya. Bagaimanapun kelemahan pada sisi desain dari laptop ini merupakan sisi yang sangat mengganggu, namun ketika Anda membuka laptop ini Anda akan menemukan sisi cantik di mana tampilan layar dan keyboard yang halus dan glossy yang membuat siapa saja yang ingin meng-oprek mesin ini. Lenovo IdeaPad S405 juga tidak memiliki CD Drive yang mana Anda harus membeli CD Drive eksternal jika Anda membutuhkannya, Anda hanya memiliki beberapa port di setiap tepian dari perangkat ini.
Keyboard
Keyboard memungkinkan Anda untuk mengetik dengan cepat, tetapi tidak desain dari papan ketiknya ini tidaklah padat namun tetap untuk kepentingan mengetik, papan tombol ini sangatlah lembut. Masih sama seperti dengan S400, keyboard mendapatkan perhatian yang cukup untuk memberikan pengalaman mengetik yang nyaman. Beberapa kunci penting seperti shift di sisi kanan maupun kiri dan enter mengalami penyusutan, sedangkan tombol kursor masih pada ukuran yang sama dan standar seperti sebelumnya dan tanda atau tonjolan yang terdapat di dua tombol F dan J lebih terasa.
Touchpad
Touchpad besar yang memiliki diagonal 12,6 cm/4.96 inch biasa dimiliki oleh perangkat yang memiliki ukuran layar sebesar 17 inch. Touchpad ini mampu merespon sentuhan dari tangan penggunanya meskipun dengan tangan basah sekalipun. Teknologi Synaptics ClickPad dengan cepat menafsirkan gerakan multi-touch, sebuah klik yang dipusatkan akan ditafsirkan sebagai klik kiri. Apabila ClickPad tidak terlalu bekerja, bekerja dengan touchpad akan sulit dan menyusahkan.
Layar
Lenovo masih menggunakan TN LED panel N140BGE LB2 dari CMN (Chimei-Innolux, CMO). Panel sebesar 14 inch mampu memberikan resolusi 1366 x 768 pixel, dengan kontras yang cukup sebesar 319:1 tetapi hanya kecerahan moderat. Selain itu, terang yang diberikan oleh layar ini tidaklah merata, yakni hanya sebesar 65% bahkan pada deviasi vertikal ringan, (dari 15 derajat) ghosting (pergeseran warna) akan menghasilkan gambar dengan kualitas buruk. Hal ini akan menyulitkan ketika Anda sedang melihat video atau gambar.
Audio
Dua speaker duduk di bagian depan perangkat ini, suara mereka menekankan pertengahan nada dan tidak memiliki pembeda antara bass dan treble. Tidak ada distorsi ketika volume sedikit dinaikkan yang mungkin disebabkan oleh bantalan  low-vibration dari dua speakernya.
Temperatur
Ketika dalam posisi diam, keyboard dan palm rests dari S405 tetap dingin. Dalam penggunaan ringan dengan beban rendah, suhu akan meningkat sedikit. Suhu dari laptop ini hanya meningkat hingga 2,5 derajat Celcius, jadi tak ada masalah ketika Anda ingin menempatkan perangkat ini di pangkuan Anda.
Port
Di sektor port, Anda akan menemukan port yang layak untuk konektivitas Anda  termasuk HDMI untuk menghubungkan perangkat ini ke dalam televisi Anda tanpa kehilangan detail serta port USB 3.0, dua port USB 2.0, port headphone dan slot kartu SD. Ada juga sebuah one-touch recovery button yang berguna untuk me-restore Windows dengan cara yang sangat mudah.
Performa
Yang Anda dapatkan pada perangkat ini adalah prosesor quad-core dengan chip AMD A8. Lenovo juga membuat versi yang disebut IdeaPad S400 yang memiliki prosesor generasi kedua Intel Core i3 yang ditanamkan di dalamnya. Selain mendapatkan prosesor Quad-core AMD A8, perangkat ini juga memiliki  kartu grafis Radeon HD 7460G, sedangkan RAM 4GB cukup untuk menjaga Windows 8 berdetak bersama dengan perangkat ini dengan baik. Western Digital Scorpio Blue (WD5000LPVT, 500GB) dipercayakan sebagai media penyimpanan dari perangkat ini.
Baterai
Baterai kecil sebesar 32 Wh mencegah perangkat ini untuk bertahan lebih lama lagi. Dalam posisi idle, baterai ini mampu membawa perangkat ini aktif hingga  5:37 jam. Performa yang sama juga ditunjukkan oleh saudara kembarnya IdeaPad S400.
Garansi
S405 ini membawa garansi hingga 24 bulan, jadi Anda tidak perlu khawatir jika ada kesalahan di dalam perangkat ini.
Kesimpulan dan Harga
Lenovo IdeaPad S405 adalah laptop 14-inci hemat dengan  kinerja yang relatif rendah. Sayangnya, S405 tidak tampil baik di aspek kantor seperti perangkat input, konektivitas dan kualitas dari bahan materialnya. Untuk mendapatkan perangkat ini, Anda harus rela merogoh kocek Anda hingga Rp 6,6 juta.

Related Posts

Review Lenovo IdeaPad S405 - Ultrabook Bercita Rasa Netbook
4/ 5
Oleh