Tuesday 28 May 2013

Andalkan Smartphone, Lenovo Coba Ekspansi Pasar Amerika Serikat

Andalkan Smartphone, Lenovo Coba Ekspansi Pasar Amerika Serikat

Lenovo tampaknya tidak ingin sekedar menjadi penggembira saja di tengah-tengah persaingan smartphone yang kian ketat di era saat ini. Pasalnya, perusahaan yang berbasis di Cina dan lebih dikenal sebagai perusahaan pembuat unit-unit komputer ini berambisi untuk segera merilis produk-produk smartphone andalannya di Amerika Serikat, setidaknya dalam satu tahun ke depan.

Niat ini semakin diperkuat oleh pernyataan yang disuarakan oleh Yang Yuanqing, CEO Lenovo, saat diwawancarai oleh Wall Street Journal, Jumat (24/05/13). Di dalam wawancara tersebut, Yang mengungkapkan bahwa smartphone adalah salah satu pasar yang akan digarap oleh Lenovo.

“Smartphone adalah kesempatan baru bagi kami,” ucap Yang, seperti yang JerukNipis kutip dari The Verge, Minggu (26/05/13). Ia juga memandang bahwa pasar smartphone memiliki tingkat pertumbuhan yang cukup pesat dan akan terus berkembang dalam jangka waktu yang panjang. “Sebagai sebuah perusahaan, kalian harus mengerti bagaimana untuk bertumbuh di masa depan.”

Lenovo memulai ekspansinya dengan memasarkan smartphone untuk negara-negara berkembang, seperti India dan Rusia. Di Cina sendiri, Lenovo berhasil meningkatkan jumlah pengiriman unit smartphone-nya kepada toko-toko ritel hingga dua kali lipat dibandingkan jumlah tahun 2012 lalu. Namun pasar Amerika Serikat memiliki tantangan tersendiri, salah satunya adalah menarik perhatian dan menjalin kerjasama dengan provider jaringan lokal.

Lenovo sendiri hingga saat ini telah menjadi salah satu perusahaan yang memiliki pangsa pasar terbesar di negara asalnya. Walaupun masih kalah dibanding Samsung yang berhasil merangkul 17,4 persen market share di Cina, Lenovo hingga saat ini berhasil meraih 11,4 persen pasar, menurut survey yang dirilis International Data Corporation (IDC).

Related Posts

Andalkan Smartphone, Lenovo Coba Ekspansi Pasar Amerika Serikat
4/ 5
Oleh