Friday 12 April 2013

Adu Ponsel Pendatang Baru – Samsung Galaxy S3 Mini vs Nokia Lumia 620

Adu Ponsel Pendatang Baru – Samsung Galaxy S3 Mini vs Nokia Lumia 620
 Setelah sukses di dunia pasar ponsel Android, Samsung kembali lagi memperkenalkan produk barunya dan masih dalam satu rumpun keluarga Galaxy. Dan ponsel besutan Samsung ini akan menyempurnakan produk tipe Galaxy sebelumnya untuk beradu dengan jajaran ponsel pendatang baru lainnya. Dan pada ulasan kali ini, CInfo tertarik untuk membandingkan Samsung Galaxy S3 miniyang merupakan salah satu produk unguulan terbaru Samsung dan Nokia Lumia 620 yang berasal dari keluarga Lumia pendatang baru yang terkenal. Lalu manakah yang akan menjadi jawara?

Desain dan Dimensi
Jika dilihat dari desain , Samsung Galaxy S3 Mini ini mengusung desain ala bentuk candybar dengan model oval alias tumpul disudut seperti ponsel Samsung Galaxy sebelumnya serta dibalut dengan case glossy sehingga ponser terkesan mengkilat. Tak lupa bagian belakang ponsel terdapat kamera, LED flash, speaker berkumpul menjadi satu disisi atas belakang ponsel. Dan bagian sisi kanan ponsel di isi tombol power sekaligus to mbol jepret kamera, di sbelah kiri terdapat tombol pengatur volume suara dan sisi bagian atas di isi 3mm audio jack dan dibawah ada port mini USB ,port charge. Untuk bagian depan di tempati kamera sekunder, tombol Home , soft back and erase button dan speaker. Untuk dimensi Samsung Galaxy S3 Mini ini yakni 121.6 x 63 x 9.9 mm (4.79 x 2.48 x 0.39 in) ukuran tersebut lumayan lah bisa disebut sebagai versi mininya Samsung Galaxy S3 terdahulu dan berat ponsel ini yakni 111,5 gram.
Beda halnya dengan nokia Lumia 620 mengusung konsep candybar yang berbeda yakni cekungan disudut body tidak begitu menekung tapi lebih ke persegi tumpul bukan oval serta tampilan yang shiny. Dan beberapa penempatan kamera minimalis bergabung dengan lingkaran LED flash di sisi atas bagian belakang ponsel dan speaker terpisah dibagian bawah. Dan yang membedakan lagi tombol power, volume dan kamera berkumpul disisi kanan. Dan disisi bawah di isi oleh port charge dan USB , disisi atas di isi oleh 3mm audio jack. Dan di bagian depan di tempati speaker dan kamera sekunder serta tombol home , back dan search bermodel softbotton touch. Untuk dimensi dan beratnya yakni sebagai berikut. 115.4 x 61.1 x 11 mm, 76 cc (4.54 x 2.41 x 0.43 in), 127 gram.
Layar
Untuk urusan layar atau tampilan gambar keduanya dianugerahi sistem touchscreen namu dengan teknologi yang diusung berbeda. Kalau Galaxy S3 mini mengandalkan layar super Amoled capacitive touchscreen dengan ketajaman warna 16M warna dan dijamin para pengguna dapat melihat gambar di ponsel dengan jelas dan tajam, serta resolusi yang diusung yakni 480 x 800 pixels, 4 inch (~233 ppi pixel density) dengan sabetan multitouch sehingga pengguna lebih leluasa mengeksplor ponsel ini. Dan anti gores tentunya.
Untuk si Nokia Lumia ini mengusung model layar TFT capacitive touchscreen, 16M warna sehingga gambar tajam di tambah resolusi 480 x 800, 3.8 inch (~246 ppi pixel densisty). Dan mungkin ini menjadi andalan nokia yakni clearblack display sehingga memungkinkan pengguna bisa melihat layar walau di tempat yang terik.
Performa
Dalam urusan performa keduanya memiliki tipe model yang berbeda, kalau Galaxy S3 mini dengan sistem operasi Android 4.1 Jelly Bean di dukung dengan prosesor 1GHz dual-core Cortex-A9 dan GPU mengusung NovaThor U8420 Mali-400 serta RAM 1 GB yang memungkinkan performa lebih cepat.
Sedangkan di Nokia Lumia 620 ini mengusung OS Microsoft Windows Phone 8 dengan prosesor Dual-core 1 GHz Krait dan chipset serta GPU Qualcomm Snapdragon S4, Andreno 305 dan RAM 512 MB sehingga tak mau kalah dari segi performa.
Kamera
Sekarang beralih ke mode jeprat-jepret, lagi-lagi dengan dengan kompak bersaing sama-sama memasang kekuatan 5 megapixel beresolusi 2592х1936 (nokia) 2592x1944 (samsung ) pixels, autofocus dan ada LED flash yang mampu mengabadikan momen bagus anda. Dan juga terdapat kamera sekunder bagian depan beresolusi VGA. Dan untuk keduanya juga sama-sama mengusung Video HD 720p@30 fps sehingga dijamin video tak bagus dan lancar.
Memory
Untuk urusan simpan-menyimpan, masing masing dibubuhi tersendiri, Galaxy S3 mini menyediakan micro sd up to 32 GB namun pada nokia lumia 620 micro sd up to 64 GB sehinga cukup untuk menyimpan file yang banyak.
Kesimpulan
Dari perbandingan di atas , Samsung Galaxy Mini unggul di layar super Amolednya sehingga lebih tajam , dan RAM 1 GB yang mendukung performa namun kekurangannya di penuhi dimiliki oleh Nokia Lumia 620 yang kapasitas memory longgar sampai 64 GB, dan layar unique clearback display yang bisa membantu saat melihat layar di tengah terik matahari. Tapi semua keseluruhan fitur sama. Anda bisa memilik ponsel Samsung Galaxy S3 mini di kisaran harga Rp 3.345.000,00 dan Nokia lumia 620 seharga Rp 2.849.000,00.

Related Posts

Adu Ponsel Pendatang Baru – Samsung Galaxy S3 Mini vs Nokia Lumia 620
4/ 5
Oleh