Tuesday 2 April 2013

4 April Mendatang, Facebook akan Rilis Sistem Operasi Facebook Home

4 April Mendatang, Facebook akan Rilis Sistem Operasi Facebook Home


Facebook sepertinya akan tetap meluncurkan sebuah smartphone khusus yang akan mengoperasikan sistem hasil buatan tim developernya, kendati berbagai pihak terus-menerus melancarkan kritiknya atas rencananya tersebut. Salah satu buktinya adalah kepastian media sosial milik Mark Zuckerberg tersebut untuk merilis Facebook Home, salah satu produk yang diprediksi sebagai jalan pembuka untuk segera merilis Facebook Phone yang dibangun oleh HTC nantinya.

Menurut rumor yang ditulis situs The Verge (01/04/2013), Facebook rencananya akan mencoba untuk merilis sistem operasi terbarunya tersebut dan akan mengumumkan beberapa detil mengenai spesifikasi ponselnya dalam sebuah ajang yang akan diselenggarakan  pada hari Kamis (04/04/2013) mendatang. Lebih jauh lagi, sistem operasi Facebook Home akan segera menggantikan launcher HTC Sense 4.5 dan Android 4.1.2, karena HTC akan menggunakan Sense 5 di produk HTC One terbarunya.

Namun sayangnya, produk tersebut belum bisa digunakan secara umum. Situs Android Police sempat mencoba untuk melakukan log in untuk menguji coba sistem operasi Facebook Home. Sayangnya, sistem operasi tersebut hanya bisa digunakan oleh para karyawan Facebook hingga berita ini diturunkan. Kemungkinan besar Facebook masih melakukan perbaikan di berbagai sisi dan mencoba untuk mengembangkan berbagai kekurangan yang ada di sistem operasi tersebut.

Walaupun masih diselubungi misteri, Facebook Home sepertinya hanya akan menjadi salah satu extension atau perpanjangan fungsi dari aplikasi Facebook yang telah terintegrasi dengan Android. Facebook Home disebutkan tidak akan mempengaruhi dan mengubah kinerja inti dari sistem operasi induk. Hanya saja, Facebook Home akan memberikan cara baru bagi para pengguna smartphone untuk berinteraksi.

Di samping rumor seputar software, beberapa pihak mulai membicarakan spesifikasi hardware dari Facebook Phone buatan HTC. Beberapa di antaranya adalah layar ponsel yang akan berukuran 4.3 inchi dengan resolusi 720p, RAM berkapasitas 1GB, kamera utama 5 megapixel, dan prosesor dual-core Qualcomm Snapdragon S4 MSM8960.

Namun spesifikasi di atas sekali lagi hanyalah rumor belaka. Untuk lebih lengkapnya, kita masih harus menunggu kabar-kabar selanjutnya, atau menantikan kepastannya pada 4 April mendatang.

Related Posts

4 April Mendatang, Facebook akan Rilis Sistem Operasi Facebook Home
4/ 5
Oleh