Thursday 14 March 2013

Android Akan Melampaui Pangsa Pasar iOS Untuk Tablet di 2013

Android Akan Melampaui Pangsa Pasar iOS Untuk Tablet di 2013

Era teknologi titan berbasis Cupertino dimulai sejak Apple meluncurkan iPad untuk pertama kalinya di tahun 2010. Apple memang sempat menjadi raja, sebelum akhirnya Android juga ikut hadir dengan merilis tablet murah layar berukuran lebih kecil dan mengubah persaingan.

Amazon Kindle Fire dan Google Nexus 7 adalah dua tablet yang memaksa Apple untuk mengubah strateginya. Alhasil, Apple harus mengambil langkah konkret dengan meluncurkan sebuah berukuran setara dengan kompetitornya. iPad Mini berlayar 7,9 inci adalah metode Apple untuk mencoba mengambil kembali pangsa pasar tablet yang telah jatuh ke tangan Android.

Jitest Urbani, sebuah badan riset dari IDC yang mendata penjualan tablet, mengatakan bahwa satu dari setiap dua buah tablet yang dijual pada kuartal ini memiliki layar lebih kecil dari 8 inci. Mereka juga melihat penjualan tablet dengan layar tersebut meningkat pada tahun 2013, memperlihatkan bahwa konsumen mulai menyadari tablet yang memiliki layar yang lebih kecil akan lebih cocok bagi kebutuhan mereka sehari-hari.

Peningkatan penjualan terhadap jenis tablet murah ini menyebabkan IDC memperkirakan akan terjadi peningkatan penjualan tablet secara global dari 172,4 juta unit menjadi 190,9 juta unit pada tahun ini. IDC juga memperkirakan pertumbuhan dalam penjualan tablet akan mencapai 11% per tahun hingga 2016. Pada 2017, 350 juta tablet diharapkan akan terjual dalam waktu satu tahun saja.


Secara langsung Android akan menerima manfaat dari tren tablet murah tersebut dengan memuncaki pangsa pasar sebanyak 48,8% pada 2013 dibanding dengan perkiraan IDC sebelumnya sebesar 41,5 %. Sebaliknya pangsa pasar iOS diperkirakan akan mengalami dampak negatif  dengan penurunan penjualan iPad Apple secara global dari 51% pada tahun 2012 menjadi 46% pada tahun ini.

IDC juga melihat iOS maupun Android akan kehilangan sebagian pangsa pasar yang mulai diambil oleh Windows 8 yang diperkirakan akan mengalami kenaikan 1% di pasar tablet pada tahun 2012 menjadi 7,4% pada tahun 2017. Sementara itu, pertumbuhan dari Windows-RT diperkirakan tetap di bawah 3% selama periode yang sama

Related Posts

Android Akan Melampaui Pangsa Pasar iOS Untuk Tablet di 2013
4/ 5
Oleh