Monday 4 February 2013

'Musuh' BlackBerry 10 yang Sesungguhnya adalah Windows Phone

BlackBerry 10 baru saja diluncurkan BlackBerry (dulu RIM-red) dan tentunya menjadi pion terbaru dalam pecaturan industri smartphone. Jika BlackBerry mengklaim bahwa platfrom teranyar miliknya menjadi penantang Android dan iOS, ABI Reseach berpendapat lain. Menurutnya, 'musuh' sesungguhnya dari BlackBerry 10 adalah Windows Phone.

ABI Research memperhitungkan bahwa hingga akhir tahun ini akan terdapat sebanyak 20 juta pengguna BlackBerry 10. Di waktu yang sama akan juga terinstal sebanyak 45 juta platform Windows Phone untuk smartphone dan 5,5 juta untuk tablet.

Angka tersebut tentunya menjadi daya tarik tersendiri bagi para developer untuk membuat aplikasi yang berjalan di kedua platform itu. Dengan begitu, bisa dibilang BlackBerry 10 dan Windows Phone bakal bertempur untuk posisi ke-3 dalam peringkat smartphone terlaris, di mana pada peringkat pertama adalah Android, diikuti oleh iOS.

"Ketakutan terbesar bagi Microsoft dan BlackBerry adalah penjualan smartphone mereka akan mengecewakan dan membunuh kepentingan developer yang kemudian secara efektif akan menutup kesempatan pada kesuksesan penjualan selanjutnya," ujar Aapo Markkanen, dalam pernyataannya yang dimuat situs ABI Research, Kamis (31/1/2013).

ABI Research juga mencatat bahwa akan terjadi peningkatan sebanyak 44% hingga akhir 2013 untuk total penjualan smartphone di dunia, yakni 1,4 triliun dengan persentase 57% dipegang Android, 21% iOS. Di waktu yang sama, sebanyak 268 juta tablet terjual, di mana Android mendominasi sebanyak 68% dan iOS 28%.

Related Posts

'Musuh' BlackBerry 10 yang Sesungguhnya adalah Windows Phone
4/ 5
Oleh