Monday 4 February 2013

Apple Singkirkan Samsung Sebagai Produsen Smartphone Terlaris


Selama ini harus diakui bahwa Samsung merupakan vendor nomor satu dalam penjualan ponsel di dunia menggeser tahta Nokia. Tapi, riset Strategy Analytics berkata lain. Justru rival Samsung, yakni Apple yang memuncaki posisi tersebut.

Berdasarkan riset tersebut, pada kuartal IV tahun 2012 Apple telah berhasil menjual sebanyak 17,7 juta iPhone, sementara Samsung hanya 16,8 juta, dan LG sebanyak 4,7 juta.

Adapun perhitungan tersebut hanya di daratan Amerika Serikat saja. Itupun juga pada penjualan smartphone, bukan keseluruhan ponsel, di mana Samsung tetap nomor satu di negeri Paman Sam tersebut dalam penjualan smartphone dan feature phone.

"Berdasarkan estimasi kami, Apple telah mengapalkan 17,7 juta ponsel dengan pangsa pasar sebanyak 34%. Pencapaian ini naik tajam jika dibandingkan pada kuartal IV tahun 2011 yang mencapai 12,8 juta dengan 25% pangsa pasar. Ini adalah pertama kalinya Apple menjadi peringkat pertama dalam penjualan smartphone di Amerika Serikat," ujar Neil Mawston, Executive Director Strategy Analytics, seperti dilansir 9to5Mac, Sabtu (2/1/2013).


Pencapain Apple tersebut menurut Mawston didorong oleh ekosistem iPhone dan App Store, dukungan operator, dan pemasaran yang lebih luas pada produk iPhone 5. 

Sementara itu, meski kalah dari Apple, penjualan smartphone Samsung yang diwakili keluarga Galaxy naik 5 poin dari 27% pangsa pasar di tahun lalu. Sebelumnya, Samsung sejak tahun 2008 telah menguasai pasar ponsel di Amerika Serikat dan kemungkinan tahun ini juga akan mengalami kenaikan kembali.

"Samsung akan merebut kembali gelar itu dengan diluncurkannya smartphone model terbaru seperti Galaxy S IV yang ramai diberitakan," tandas Mawston.

Related Posts

Apple Singkirkan Samsung Sebagai Produsen Smartphone Terlaris
4/ 5
Oleh