Monday 21 October 2013

Tepat Sebulan Batal Diluncurkan, Aplikasi BBM Palsu Muncul Lagi di Play Store


Tepat sebulan yang lalu pada 21 September, BlackBerry secara besar-besaran di berbagai negara termasuk Indonesia mengumumkan akan kehadiran aplikasi messenger andalannya di platform Android dan iOS. Pada saat itu, BlackBerry menginformasikan bahwa aplikasi BBM akan hadir di Play Store tepat pukul 18.00 WIB dan menyusul di Apps Store beberapa jam kemudian.

Namun kenyataan yang terjadi tidak ditemukan aplikasi resmi BBM di Play Store pada waktu yang telah ditentukan, dan sebaliknya di Apps Store justru muncul lebih awal dari waktu seharusnya. Sekedar pengingat, pada malam tersebut justru tersebar aplikasi BBM tidak resmi untuk Android yang bisa digunakan dan terkoneksi dengan server BlackBerry. Tidak butuh waktu lama, BlackBerry akhirnya mengumumkan penundaan peluncuran BBM untuk Android dan iOS dikarenakan sejumlah masalah.

Andrew Block mewakili BlackBerry pun saat itu memberikan keterangan resmi bahwa BBM untuk Android dan iOS tidak dirilis 'kembali' dalam waktu dekat. Hal ini disebakan karena tim sedang berkonsentrasi pada perbaikan sistem untuk memblokir aplikasi BBM Android dan iOS tidak resmi yang menyebabkan kegagalan peluncuran aplikasi resminya.

Dan benar saja hingga hari ini, Senin (21/10/13), tepat sebulan belum ada tanda-tanda waktu peluncuran kembali. Dalam surat yang dikirimkan ke seluruh penggunanya pada Sabtu (19/10/13) pagi waktu Indonesia, BlackBerry hanya menyebutkan bahwa BBM untuk Android dan iOS akan layanan social networking yang besar nantinya.

Namun bertolak belakang dengan keterangan Andrew Block bahwa BlackBerry sedang berupaya untuk menghapus BBM tidak resmi di Play Store, kami malah menemukan munculnya kembali aplikasi BlackBerry Messenger di Play Store dengan Orange Blues Solution tercatat sebagai pemilik aplikasi.


Kami belum mencoba mengunduh dan menginstall-nya, namun diduga aplikasi BBM palsu ini adalah virus seperti yang sebelumnya banyak beredar. Tetapi dengan munculnya aplikasi palsu baru ini berarti peluncuran BBM untuk Android dan iOS dipastikan akan mundur lagi. Belum lagi bila kembali muncul aplikasi BBM palsu yang lain, maka BlackBerry makin butuh waktu panjang untuk benar-benar secara resmi meluncurkan layanan multi-platform BBM tanpa gangguan.

Tapi dalam survey yang kami lakukan beberapa waktu lalu, hampir 50% dari 2408 responden yang mengikuti polling menjawab bahwa mereka akan tetap mengunguh aplikasi BBM untuk Android dan iPhone ketika nanti benar-benar akan diluncurkan. Walaupun ini membuktikan bahwa secara perangkat, BlackBerry akan ditinggalkan oleh para penggunanya yang lebih memilih menggunakan BBM dari Android dan iPhone.

Related Posts

Tepat Sebulan Batal Diluncurkan, Aplikasi BBM Palsu Muncul Lagi di Play Store
4/ 5
Oleh