Tuesday 30 April 2013

Hacker Manfaatkan Fasilitas Wi-Fi di Cafe untuk Mencuri Data Pribadi

Hacker Manfaatkan Fasilitas Wi-Fi di Cafe untuk Mencuri Data Pribadi

Seiring dengan meningkatnya kebutuhan manusia akan informasi, internet menjadi satu-satunya media yang diandalkan pada saat ini. Tak heran bila hampir semua kedai kopi atau mini market, seperti Starbucks dan 7-11, saat ini telah dilengkapi oleh fasilitas jaringan Wi-Fi. Tetapi, bila kalian adalah salah satu konsumen yang sering menggunakan faslitias tersebut, maka bersiap-siaplah untuk mendapatkan serangan dari para hacker yang akan mencuri data-data pribadi dan laporan keuangan dari perangkatmu.

Menurut laporan yang dilansir oleh Mashable, Sabtu (27/04.2013), ada berbagai macam jenis metode yang kerap digunakan oleh para hacker tersebut. Salah satunya adalah dengan meninggalkan sebuah USB drive atau flash disk di atas meja kosong. Rasa penasaran untuk menancapkan flash disk tersebut ke slot notebook atau perangkat lainnya, secara tidak langsung telah mengizinkan seorang hacker untuk mengakses data-data yang ada di dalam perangkatmu.
Selain itu para cybercriminal juga bisa memanfaatkan video camera yang ada di ponsel mereka untuk merekam aktivitasmu saat menggunakan notebook. Metode ini bisa disebut sebagai cara yang paling sederhana untuk mencuri password yang pada akhirnya membuat mereka bisa masuk ke dalam jaringan sosialmu di dunia maya.

Untuk cara yang lebih canggih, para cybercriminal biasanya akan menggunakan teknik network scanner yang bisa mendeteksi perangkat-perangkat mana yang terbuka tanpa pengamanan di dalam satu jaringan Wi-Fi. Setelah mendapatkan satu hal yang dianggap menarik, maka si hacker akan segera mendapatkan akses penuh untuk mengacak-acak data dan informasi yang tersimpan di dalam perangkatmu.

Kini, CInfo wajib untuk lebih berhati-hati saat menggunakan fasilitas Wi-Fi di tempat-tempat umum

Related Posts

Hacker Manfaatkan Fasilitas Wi-Fi di Cafe untuk Mencuri Data Pribadi
4/ 5
Oleh