Tuesday 30 April 2013

Android Kuasai 64% Pangsa Pasar Dunia di Kuartal Pertama 2013

Android Kuasai 64% Pangsa Pasar Dunia di Kuartal Pertama 2013

Lewat sistem operasi Android-nya, Google semakin memperlihatkan supremasinya di persaingan perangkat mobile yang semakin ketat saat ini. Menurut berita yang dirilis oleh TechCrunch, Senin (29/04/2013), Android telah berhasil mendapatkan predikat sebagai platform paling populer di kalangan pengguna smartphone hingga saat ini. Predikat tersebut diraih Google setelah sebuah badan survey internasional Kantar World Comtech melakukan penelitian atas penjualan perangkat di Australia, China, Perancis, Jerman, Italia, Jepang, Spanyol, Inggris, dan Amerika Serikat.

Menurut data yang diberikan Kantar, satu-satunya negara yang gagal didominasi oleh Android adalah Jepang, dimana sebagian besar masyarakatnya masih setia menggunakan perangkat-perangkat yang diperkuat sistem operasi Apple iOS. Namun bila dilihat dari prosentase pangsa pasar, iOS hanya memimpin tipis atas Android (49,2% berbanding 45,8%). Sedangkan Android tampak berhasil menguasai Spanyol dengan meraih pangsa pasar hingga 93,5%.

“Kami memperkirakan Android akan semakin berkuasa, setelah beberapa perusahaan merilis produk barunya, seperti HTC One dan Samsung Galaxy S4, yang akan segera tiba di pasaran,” ungkap Dominic Sunnebo, Direktur Konsumen Global Kantar Worldpanel ComTech, seperti yang JerukNipis kutip dari TechCrunch. “Hal ini bisa jadi akan semakin membuat Apple, Nokia, dan BlackBerry semakin tertekan, mengingat teknologi yang diusung HTC One dan Galaxy S4.”

Selain itu, Sunnebo juga menyebutkan bahwa banyaknya variasi dari produk-produk Android di pasaran, khususnya Samsung, menjadi salah satu nilai lebih, karena membuat konsumen memiliki banyak pilihan. “Fakta bahwa Samsung memiliki banyak varian smartphone, membuat konsumen bisa memilih sesuai dengan kebutuhannya, mulai dari fungsi, desain, dan harga,” tambah Sunnebo menjelaskan keunggulan Android.

Apakah Indonesia telah menjadi salah satu negara yang akan didominasi oleh Android di masa depan?

Related Posts

Android Kuasai 64% Pangsa Pasar Dunia di Kuartal Pertama 2013
4/ 5
Oleh