Wednesday 23 April 2014

Tips Fotografi dengan Kamera Smartphone

Belakangan marak sekali lomba fotografi melalui smartphone / ponsel, Maka hari ini saya ingin berbagi beberapa tips untuk bisa menghasilkan foto yang lebih baik.

1. Perhatikan Komposisi

Fitur Guideline Pada Galaxy Note II Untuk Membantu Penyusunan Komposisi

Ada baiknya kita mengetahui sekilas tentang “Rule of Third”. Rule of Third adalah salah satu paham komposisi yang umum dan dipakai oleh para fotografer professional. Pada dasarnya Rule of third membagi satu gambar menjadi 9 kotak dan objek utama akan diletakan di titik atas atau bawah. Di beberapa ponsel fitur ini tersedia umumnya dalam nama Photo Grid atau Guide Line.

2. Cahaya
Ada yang mengatakan bahwa Fotografi adalah seni melukis dengan cahaya. Karena terbatasnya pengaturan kamera di ponsel (tidak semua ponsel memiliki kompensasi exposure) maka itu hindari tempat yang mempunyai perbedaan cahaya terlalu banyak, seperti membelakangi jendela kecuali jika anda yakin flash anda cukup kuat.

Fitur Kompensasi Exposure Pada Galaxy Note II Untuk Membantu Penyusunan Komposisi

Penggunaan flash pun tidak terlalu direkomendasikan karena umumnya flash cenderung terlalu kuat sehingga objek menjadi terlalu terang sedangkan latar belakang menjadi gelap karena kamera mengkompensasi cahaya dari flash secara otomatis. Namun jika ponsel anda memiliki fitur kompensasi exposure, sebaiknya pelajari dan gunakanlah fitur ini untuk membantu anda mendapatkan gambar yang lebih baik.
Akan lebih baik jika anda menggunakan bantuan flash dari smartphone lain (misalnya smartphone teman anda atau handphone kedua anda) untuk bantuan pencahayaan tambahan dari sisi lain.

3. Penggunaan Software Photo Editor
Dengan maraknya penggunaan ponsel, aplikasi photo editing pun semakin marak. Tidak hanya mengubah warna menjadi warna-warna khas foto jaman dahulu, beberapa aplikasi juga mengijinkan penggunanya untuk mengatur ulang exposure. Beberapa aplikasi juga bahkan menjadi media social untuk anda menunjukan foto-foto anda ke teman-teman anda. Saya menyarankan Instagram , Snapseed, dan VSCOCam untuk ditambahkan ke dalam koleksi App anda.

Tampilan Aplikasi Instagram

 Tampilan Aplikasi Snapseed


Related Posts

Tips Fotografi dengan Kamera Smartphone
4/ 5
Oleh