Wednesday 5 June 2013

Cara Mengambil Gambar Layar & Membuat Voice Note Pada Blackberry Z10

 
Dari judul memang tips trik BlackBerry ini terlihat sepele dan mudah, tetapi sangat penting dan berguna mengingat perangkat BlackBerry Z10 tak memiliki fitur perekaman terpisah seperti OS atau sistem operasi versi sebelumnya sehingga sempat membingungkan kita pada  saat benar-benar membutuhkannya. Jadi bagaimana  cara menyiasatinya?. Berikut ini akan  kami coba berikan tips trik BlackBerry tersebut:
Untuk membuat catatan suara di perangkat BlackBerry Z10 ada dua cara, yaitu melalui aplikasi BBM dan memakai aplikasi perekam suara dari BlackBerry World. Tetapi sebelum mengetahui tips trik BlackBerry ini perlu diketahui bahwa kedua tips atau cara ini memilki kelemahan tersendiri. Dan kelemahan cara pertama yakni via BBM adalah file yang bisa direkam di aplikasi BBM ini tak sampai lima menit jadi sangat terbatas dan kadang tidak dapat memenuhi yang sesuai dengan kebutuhan. Sedangkan kelemahan tips trik BlackBery dalam membuat catatan suara di aplikasi perekam suara pada BlackBerry World adalah banyaknya pengguna yang tudak menemukan di mana lokasi penyimpanan hasil rekaman tersebut. 

Membuat Catatan Suara Lewat Aplikasi BBM
Tips trik BlackBerry dalam membuat catatan suara melalui aplikasi BBM yang sering digunakan adalah dengan menyisipkan catatan suara yang sudah kita rekam lalu mengirimkannya secara langsung ke kontak BBM pilihan.
Membuat Catatan Suara Lewat Aplikasi Perekam Suara
Sementara itu bila menggunakan tips trik BlackBerry yang kedua, yakni melalui aplikasi perekam suara yang sebelumnya kita instal dahulu aplikasi tersebut di perangkat BB kita di BlackBerry World. Yang pertama kita jalankan tips trik BlackBerry agar bisa membuat catatan suara melalui aplikasi perekam suara adalah dengan membuka aplikasi BlackBerry World dan juga memastikan BlackBerry Z10 kita memiliki koneksi internet. Kemudian di kolom pencarian atau search, ketikkan kata kunci Recorder. Lalu tidak lama akan muncul beberapa pilihan aplikasi, dalam pengujian ini kita menginstal Quick Record.
Langkah selanjutnya adalah memilih sample rate. Di poin ini, kita dapat memilih sample rate yang ukurannya mulai dari 8kHz hingga 44.1 kHz (terkompresi) dengan catatan bahwa semakin besar sample rate yang kita pilih, semakin bagus pula kualitas rekamannya. Setelah melewati tahap pemilihan sample rate ini, kita sentuh tombol Record tanda kita mulai merekam suara (lampu akan menyala hijau) kemudian sentuh lagi untuk mengakhiri rekaman. Dan kemudian hasil rekaman suara tersebut akan tampil dalam bentuk daftar/list. Kita bisa sentuh list tersebut untuk bisa mendengarkan atau melihat properti.
Dan di tahap membagikannya ke kontak BBM inilah banyak yang mengalami masalah atau kebingungan karena tempat penyimpanan yang ditunjukkan adalah di /sdcard/Urecord_[tanggal file direkam], padahal ketika dicek bolak-balik di Manajer File, file tersebut tak dapat ditemukan. Jangan khawatir masih lanjut tips trik BlackBerry untuk kasus masalah tersebut. Setelah kita berhasil pada tahap perekaman catatan suara kita, kemudian buka menu Manajer File lalu pilihlah penyimpanan Perangkat. Kemudian kita masuk ke folder misc dan di dalam folder tersebut file rekaman Anda disimpan dengan nama Urecord_[tanggal file direkam.
Jika kita ingin mengirimkan berkas rekaman itu tersebut lewat aplikasi  BBM, kita bisa menyentuh gambar klip kertas bertuliskan Lampirkan saat ngobrol di BBM, kemudian pilih File dan jangan pilih Catatan Suara karena akan masuk ke modus perekaman seperti cara pertama, lalu kemudian cari di lokasi yang telah disebutkan di atas. Selesai sudah tips trik BlackBerry untuk membuat catatan suara.
Mengambil Gambar Layar
Tetapi masih ada satu tips trik BlackBerry lagi, yakni mengambil gambar layar. Tak perlu dipungkiri lagi bahwa kita sering kali ingin berbagi tampilan layar di perangkat kita kepada teman-teman kita atau orang-orang yang kita inginkan. Seperti misalnya, ada BBM atau SMS penting, akan lebih mudah dan valid bila kita mengirimkan tampilan layar ketimbang copy-paste isi pesan tersebut.
Perlu kita ketahui dan ingat bahwa BlackBerry Z10 sekarang menyediakan akses secara cepat ke fungsi ini hingga kita tidak perlu repot-repot lagi melakukan hal-hal di masa lalu seperti menginstal aplikasi, masuk ke menu, mengambil gambar, menyimpannya, lalu baru dapat mengirimkannya.
Tips trik BlackBerry untuk hal ini cukup mudah, yakni dengan menekan kemudian tahan tombol volume naik/turun secara bersamaan selama beberapa saat untuk melakukan proses screenshot. Dan bila  screenshot tersebut berhasil, akan terdengar bunyi shutter kamera. Dan file screenshot tersebut akan tersimpan di folder Camera di menu penyimpanan Perangkat, dan kemudian akan tampil secara otomatis di menu Galeri Black Berry Z10 kita.

Related Posts

Cara Mengambil Gambar Layar & Membuat Voice Note Pada Blackberry Z10
4/ 5
Oleh