Thursday 2 May 2013

Kingdoms & Lords - Game Strategi Yang Seru di Mainkan Untuk Perangkat Android Dan iOS


Nampaknya kualitas game mobile dewasa ini sudah dapat disejajarkan dengan kualitas game konsol. Dari segi musik maupun grafis, game mobile sudah dapat menyaingi bahkan ada yang dapat melebihi performa game konsol. Gameplay dari game mobile pun semakin tidak bisa diremehkan. Kini telah banyak cerita dan gameplay yang mendalam, sehingga game mobile bukanlah sekedar game casual atau platformer lagi. Pada kesempatan kali ini \ akan membahas salah satu game yang mempunyai keunggulan-keunggulan yang telah disebutkan tadi. Seperti apakah wujud dari game ini? Berikut ulasannya.
Game ini berjudul Kingdoms & Lords. Game besutan Gameloft ini mengusung genre game strategi. Kingdoms & Lords bercerita tentang kerajaan-kerajaan yang sedang dilanda konflik. Konflik semakin lama semakin memanas hingga peperangan sudah tidak bisa dielakkan lagi. Terlebih lagi, sebuah makhluk jahat bangkit dari kegelapan untuk membuat dunia semakin kacau dan manusia semakin terpecah belah. Kota tempat karakter Anda tinggal adalah kota yang terbelakang dan tidak memiliki persiapan dan pengalaman apapun untuk bertahan hidup dari konflik berkepanjangan ini. Maka tugas Anda adalah untuk mengubahnya.

Sebagian besar waktu Anda pada saat bermain Kingdoms & Lords akan dihabiskan pada mode simulasi. Itu artinya Anda harus mengatur kota tempat Anda tinggal. Anda dapat membangun rumah untuk memperbanyak populasi, mendirikan persawahan sebagai sumber pemasukan, juga membangun perpustakaan, kandang kuda, dan barak. Kandang kuda dan barak berfungsi untuk melatih pasukan tempur Anda. Hal ini sangat dibutuhkan ketika Anda sedang berperang. Namun Anda tidak dapat membangun kota secara sekaligus. Anda akan kehilangan energi setiap Anda melakukan aktifitas. Jika energi sudah terkuras habis, Anda harus menunggu beberapa saat untuk dapat kembali menggunakannya. Kecuali jika Anda berniat untuk membelinya melalui in-app purchase.
Game simulasi strategi ini juga memiliki banyak variasi pasukan. Ada yang bersenjatakan pedang, kapak, tombak, sampai dengan pasukan berkuda. Setiap unit pasukan tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Di sinilah game Kingdoms & Lords berubah menjadi genre strategi. Anda harus mengatur taktik yang benar agar Anda dapat memenangkan pertarungan. Peperangan pada game ini bersifat turn-based, yang artinya Anda dan musuh akan menyerang secara bergantian. Jadi Anda harus menentukan unit-unit apa saja yang harus dibawa agar dapat mengalahkan musuh dengan cepat. Sama seperti saat membangun kota, Anda tidak bisa berperang sesering yang Anda inginkan. Lagi-lagi karena terbatasnya energi. Dan perlu dicatat pula bahwa berperang membutuhkan energi yang jauh lebih banyak dibandingkan dengan beraktifitas di dalam kota. Jadi gunakanlah seperlunya dan sewajarnya.
Untuk pengembang game sebesar Gameloft, tentulah tidak wajar jika kita menganggap remeh soal kualitas grafiknya. Sebagai developer yang sering menggarap game bergrafik tiga dimensi, Kingdoms & Lords dianggap mudah untuk mereka. Hasilnya pun mengagumkan. Game simulasi strategi ini mempunyai warna yang cerah dan juga jernih. Animasinya juga berjalan dengan sangat lancar sehingga tidak ditemukan banyak masalah dari segi performanya. Begitupun dengan musik tema dari game ini. Sangat sesuai dengan tema abad pertengahan dan peperangan yang diusung game ini.
Namun walaupun demikian, bukan berarti game ini luput dari keluhan-keluhan. Karena game ini tersedia secara gratis, pihak Gameloft seolah memaksa para pemainnya untuk membeli berbagai fitur menggunakan premium currency game ini. Seperti yang telah Paseban utarakan, game ini sangat membutuhkan energi untuk memainkannya. Dan energi tersebut akan cepat habis walaupun Anda bukan seorang hardcore gamer. Jika Anda merupakan tipe pemain yang tidak sabaran, membeli energi pada game ini adalah satu-satunya solusi.
Kingdoms & Lords tersedia baik di perangkat Android maupun perangkat Apple. Pada perangkat Andorid, game simulasi strategi ini berukuran 16 MB dan kompatibel untuk OS Android 2.2 ke atas. Sementara untuk perangkat Apple, minimal requirement game ini adalah iOS 4.3 dan berukuran 45 MB. Game ini tersedia secara gratis dan dapat langsung Anda unduh melalui iTunes Store atauGoogle Play.

Related Posts

Kingdoms & Lords - Game Strategi Yang Seru di Mainkan Untuk Perangkat Android Dan iOS
4/ 5
Oleh