Friday 31 May 2013

Diam-diam, Apple Telah Akuisisi Sembilan Perusahaan Sejak 2012 Silam

Diam-diam, Apple Telah Akuisisi Sembilan Perusahaan Sejak 2012 Silam

Akuisisi besar-besaran yang dilakukan oleh Yahoo, demi mengejar ketertinggalan dari para kompetitor terdekatnya, harus diakui telah mendapatkan perhatian khusus. Wajar, karena perusahaan ini rela merogoh koceknya demi menggaet beberapa perusahaan yang dipandang berpotensi membantunya kembali ke dalam peta persaingan.

Namun Yahoo bukanlah satu-satunya perusahaan yang melakukan akuisisi besar-besaran di dunia digital. Menurut kabar yang dirilis Mashable, Rabu (29/05/13), Apple disebutkan juga telah mengakuisisi beberapa perusahaan. Bahkan menurut Tim Cook, Apple telah mengakuisisi, tidak hanya satu atau dua, melainkan sembilan perusahaan sejak bulan Oktober tahun lalu.

“Kemungkinan besar, kami juga akan kembali mengakuisisi beberapa perusahaan lagi, setiap 60 atau 75 hari. Total, kami akan melakukan enam akuisisi tahun ini,” ucap Cook saat ditemui di acara D11 Conference. “Kami sendiri telah mengakuisisi sembilan perusahaan sejak tahun fiskal kemarin yang dimulai pada bulan Oktober lalu.”

Aksi akuisisi yang dilakukan Apple memang tidak terdeteksi oleh media. Pasalnya, perusahaan yang didirikan oleh mendiang Steve Jobs ini hanya membeli perusahaan-perusahaan yang “berukuran kecil”, ketimbang Yahoo yang mencuri perhatian.

Satu-satunya akuisisi Apple yang sempat masuk ke media adalah ketika mereka mengonfirmasi pembelian WifiSLAM. Selain itu, beberapa kabar menyebutkan bahwa Apple telah siap membeli Color Labs, sebuah situs video-sharing yang tengah berada di dalam kesulitan.

Tim Cook sendiri menegaskan bahwa Apple tidak akan mengakuisisi perusahaan-perusahaan besar, walaupun sang CEO juga tidak menutup kemungkinan hal tersebut apabila ada perubahan situasi. “Kami hanya akan mengakuisisi perusahaan yang bisa membantu kami untuk membuat produk-produk terbaik dan cocok dengan budaya yang ada di dalam Apple.”

Related Posts

Diam-diam, Apple Telah Akuisisi Sembilan Perusahaan Sejak 2012 Silam
4/ 5
Oleh